Peran manajemen Perpustakaan dalam pengembangan budaya literasi bagi warga Madrasah di MA Nurul Huda Sedati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Retno Puspita (2017) Peran manajemen Perpustakaan dalam pengembangan budaya literasi bagi warga Madrasah di MA Nurul Huda Sedati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran manajemen perpustakaan dalam pengembangan budaya literasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dengan 7 orang informan, yaitu kepala madrasah, kepala perpustakaan, pustakawan, 3 siswa dan 1 guru. Manajemen perpustakaan di MA Nurul Huda dilakukan dengan beberapa kegiatan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Kegiatan perencanaan meliputi: penyusunan program kerja, melaksanakan rapat tahunan untuk membahas program kerja perpustakaan, membuat visi, misi dan tujuan perpustakaan, pemberian anggaran rutin yang diberikan setiap bulan untuk pemenuhan kebutuhan perpustakaan. Kegiatan pengorganisasian meliputi: pembuatan struktur organisasi perpustakaan serta pembagian tugas pada pegawai perpustakaan. Kegiatan penggerakan dilakukan dengan pemberian pengarahan dan motivasi yang dilakukan oleh pimpinan pada pegawai perpustakaan serta menerapkan kepemimpinan secara demokratis. Kegiatan pengawasan dilakukan secara langsung oleh pimpinan, dengan mendatangi perpustakaan guna mengetahui langsung kondisi di perpustakaan. Kegiatan pengawasan dilakukan dalam beberapa waktu yaitu setiap hari saat pulang sekolah dan pada awal tahun ajaran baru. Budaya literasi bertujuan untuk menumbuhkan minat baca siswa, membuat siswa gemar membaca dan membuat siswa percaya diri dan berani untuk tampil dan berbicara di depan umum. Peran manajemen perpustakaan dalam pengembangan budaya literasi dengan melakukan kerjasama antara pustakawan/petugas perpustakaan dengan guru mata pelajaran, guru melakukan pembelajaran di perpustakaan dan pustakawan/petugas perpustakaan menyiapkan kebutuhan yang diperlukan guru untuk melakukan pembelajaran dengan peserta didik, sehingga kegiatan literasi juga dapat dilakukan di perpustakaan sepenuhnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Retno Puspitaretnopuspita324@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Perpustakaan
Keywords: Manajemen Perpustakaan; budaya literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sari Retno Puspita
Date Deposited: 02 May 2017 04:34
Last Modified: 25 Aug 2017 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16544

Actions (login required)

View Item View Item