Studi analisis terhadap Putusan No.0034/Pdt.P/2016/PA.Ngj tentang wali adal dengan alasan “calon suami seorang muallaf dan khawatir kembali keagamanya semula” (prespektif fiqih 4 madzab)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Millati, Silma (2017) Studi analisis terhadap Putusan No.0034/Pdt.P/2016/PA.Ngj tentang wali adal dengan alasan “calon suami seorang muallaf dan khawatir kembali keagamanya semula” (prespektif fiqih 4 madzab). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kajian pustaka tentang studi analisis terhadap putusan No.0034/Pdt.P/2016/PA.Ngj. tentang wali ad{al dengan alasan “calon suami seorang muallaf dan khawatir kembali keagamanya semula” (perspektif fiqih 4 madzab). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara No. 0034/Pdt.P/2016/PA.Ngj. mengenai ad{al-nya seorang wali nikah dengan alasan “calon suami seorang muallaf dan khawatir kembali keagamanya semula? dan bagaimana tinjauan 4 madzab fiqih mengenai ad{al-nya seorang wali nikah dengan alasan “calon suami seorang muallaf dan khawatir kembali keagamanya semula? Data penelitian ini diperoleh dari Pengadilan Agama Nganjuk yang menjadi obyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-analisis, yaitu memaparkan atau menjelaskan data-data yang diperoleh dan selanjutnya dianalisis dengan metode deduktif, dimulai dari hal-hal yang bersifat umum, yaitu tentang pertimbangan hakim. Dalam putusan Pengadilan Agama Nganjuk Nomor 0034/Pdt.P/2016/PA.Ngj tentang wali ad{al dengan alasan “calon suami seorang muallaf dan khawatir kembali keagamanya semula, kemudian ditarik kepada hal-hal yang bersifat khusus kaitannya dengan analisis 4 madzab fiqih terhadap putusan Pengadilan Agama Nganjuk No.0034/Pdt.P/2016/PA.Ngj tentang wali ad{al . Pertimbangan hakim dalam putusan Pengadilan Agama Nganjuk Nomor 0034/Pdt.P/2016/PA.Ngj dimana alasan keengganan wali merupakan alasan yang tidak dibenarkan syara’. Pihak keluarga calon pemohon sudah melakukan pendekatan dan meminang ke pemohon tetapi kakak pemohon tidak mau menjadi wali pernikahannya, sehingga hakim memutuskan bahwa alasan keengganan wali tersebut tidak dibenarkan syara’. Hakim mempertimbangkan bahwa hubungan antara kedua pasangan tersebut begitu erat, sehingga jika tidak disahkan dalam suatu perkawinan maka ditakutkan timbul mafsadat yang lebih besar. Berdasarkan analisis fiqih 4 madzab, pertimbangan hakim dalam putusan No. 0034/Pdt.P/2016/PA.Ngj tentang wali ad{al dengan alasan “calon suami seorang muallaf dan khawatir kembali keagamanya semula” sudah benar. Ke empat madzab, yaitu madzab Maliki, madzab Hambali, madzab Syafi’i, madzab Hanafi yang berbeda pendapat hanya madzab Hanafi, sedangkan tiga madzab lainnya mempunyai dasar-dasar hukum yang sama bahwa alasan wali ad{al tersebut merupakan alasan yang tidak sesuai oleh syara’. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka ada beberapa saran yang perlu dicantumkan antara lain: pertama dalam mengambil keputusan hukum hendaknya mempertimbangkan dengan hukum-hukum para ulama lain. Kedua bagi seorang wali nikah apabila anaknya sudah berkehendak untuk nikah dan sekiranya tidak melanggar ketentuan syara’ maka berilah izin untuk menikah, karena izin dari orang tua merupakan suatu kebahagiaan bagi pasangan suami istri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Millati, SilmaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Millati Silma
Date Deposited: 02 May 2017 09:02
Last Modified: 02 May 2017 09:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16548

Actions (login required)

View Item View Item