Pengaruh pemahaman shalat dalam kitab al Ghayah wa al Taqrib terhadap pengamalan ibadah shalat siswa MA Darul Hikmah Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrawati, Mimin (2017) Pengaruh pemahaman shalat dalam kitab al Ghayah wa al Taqrib terhadap pengamalan ibadah shalat siswa MA Darul Hikmah Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (746kB) | Preview

Abstract

Idealnya, ilmu yang kita pelajari adalah alat untuk menuju tujuan terakhir yakni, pengamalan. Akan tetapi pada proses pembelajaran di MA Darul Hikmah Mojokerto, ketika siswa telah memperoleh ilmu kitab Al-Ghayah Wa At Taqrib, siswa kurang memperhatikan tujuan akhir memperoleh ilmu yakni pengamalan dalam kehidun sehari-hari. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tentang Pengaruh Pemahaman shalat dalam kitab Al-Ghayah Wa At Taqrib terhadap pengamalan ibadah shalat siswa MA Darul Hikmah Mojokerto. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimanakah pemahaman shalat siswa MA Darul Hikmah Mojokerto dalam mempelajari kitab Al-Ghayah Wa At Taqrib, bagaimana pengamalan ibadah shalat siswa MA Darul Hikmah Mojokerto yang mendapat pelajaran kitab Al-Ghayah Wa At Taqrib, serta bagaimana pengaruh pemahaman shalat dalam kitab Al-Ghayah Wa At Taqrib terhadap pengamalan ibadah shalat siswa MA Darul Hikmah Mojokerto.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan uji signifikansi, dimana penelitian ini bertujuan untuk memprediksi sejauh mana variabel x mempengaruhi variabel y. Sedangkan metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah 1) Interview, 2) Observasi, 3) Dokumentasi dan 4) Angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran kitab Al-Ghayah Wa At Taqrib baik dalam sisi teknis pelaksanaannya, namun kurang baik dalam hasil pengamalan pada individu siswa. Hasil angket menunjukkan bahwa pemahaman shalat dalam kitab Al-Ghayah Wa At Taqrib siswa sebesar 74,23, Sedangkan pengamalan ibadah shalat siswa MA Darul Hikmah Mojokerto juga tergolong baik, hal ini bisa dilihat dari hasil observasi pengamalan ibadah shalat siswa MA Darul Hikmah Mojokerto sebesar 84%. Hasil lain menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan namun sangat lemah antara pemahaman shalat dalam kitab Al-Ghayah Wa At Taqrib dengan pengamalan ibadah shalat siswa. Dan kolerasi variabel pemahaman kitab Al-Ghayah Wa At Taqrib terhadap pengamalan ibadah shalat siswa MA Darul Hikmah Mojokerto diperoleh 0,3% yang dipengaruhi oleh pencapaian indikator pemahaman siswa dan sisanya 99,7% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti latar belakang siswa, keluarga, lingkungan masyarakat, dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrawati, Miminmiminuinsa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Salat > Salat, Waktu
Keywords: Pemahaman shalat; al Ghayah wa attaqrib; pengamalan ibadah shalat siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indrawati Mimin
Date Deposited: 03 May 2017 02:16
Last Modified: 24 Aug 2017 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16607

Actions (login required)

View Item View Item