Analisis penentuan margin pembiayaan murabahah pada KPR BRI Syariah iB di BRI Syariah Cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhtar, Moh. Lucky Wiranata (2017) Analisis penentuan margin pembiayaan murabahah pada KPR BRI Syariah iB di BRI Syariah Cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Penentuan Margin Pembiayaan Murabahah pada KPR BRI Syariah iB di BRI Syariah Cabang Sidoarjo” ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni peneliti berusaha menjelaskan fakta di lapangan secara sistematis yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana pembiayaan murabahah pada KPR di Bank BRI Syariah Cabang Sidoarjo dan bagaimana penentuan margin pada KPR di Bank BRI Syariah Cabang Sidoarjo.
Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan analisis yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dengan metode yang telah ditentukan. Pengumpulan data penelitian ini dihimpun melalui wawancara dengan pihak terkait yaitu Kepala kantor Cabang BRIS Sidoarjo, manager marketing KPR, Account Officer, dan nasabah pembiayaan KPR. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir induktif yaitu menjelaskan hasil penelitian mengenai fakta yang terjadi di lapangan yang selanjutnya dianalisis sesuai teori yang ada.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembiayaan murabahah pada KPR di Bank BRI Syariah Cabang Sidoarjo menggunakan wakalah. Bank diperkenankan mewakilkan kepada nasabah untuk memilih rumah dari pihak developer. Jika hal tersebut yang terjadi, maka Bank dan nasabah menyepakati akad wakalah dimana Bank BRI Syariah Cabang Sidoarjo memberikan kuasa kepada nasabah untuk memilih rumah yang diinginkan. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan agar rumah yang diinginkan oleh nasabah memiliki spesifikasi yang sesuai dengan apa yang diinginkan nasabah. Dalam menentukan margin, Bank BRI Syariah Cabang Sidoarjo mempertimbangkan dana mahal (misal: deposito, karena bank mengembalikan bagi hasil lebih besar) dan dana murah murah (misal: tabungan), jumlah bagi hasil yang akan diberikan kepada nasabah, keuntungan yang akan diperoleh pihak Bank (agar Bank tetap mendapatkan keuntungan), serta melihat margin bank lain (pesaing). Menurut Fatwa DSN MUI dan pendapat ulama fiqih tentang penetapan harga yaitu harus saling terbuka dan sepakat terkait penentuan harga jual (harga pokok ditambah keuntungan) yang diambil oleh Bank BRI Syariah Cabang Sidoarjo.
Sejalan dengan hasil penelitian di atas, penulis dapat memberikan saran bahwa pihak Bank BRI Syariah Cabang Sidoarjo, dalam menentukan margin harus lebih melihat para pesaingnya terutama Bank Konvensional, agar pangsa pasar Bank Syariah lebih besar. Kemudian Bank BRI Syariah Cabang Sidoarjo harus bisa mempertahankan strategi promosi dengan margin yang rendah agar masyarakat semakin puas dan produk KPR lebih diminati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhtar, Moh. Lucky Wiranataluckywiranata@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Pembiayaan Murabahah; Penentuan Margin
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhtar Moh. Lucky Wiranata
Date Deposited: 03 May 2017 01:10
Last Modified: 03 May 2017 01:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16626

Actions (login required)

View Item View Item