Analisis fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Nomor. 02/DSN-MUI/IV/2000 terhadap dana tabungan haji di Bank Mega Syariah KC Surabaya Darmo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Tamara Dita (2017) Analisis fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Nomor. 02/DSN-MUI/IV/2000 terhadap dana tabungan haji di Bank Mega Syariah KC Surabaya Darmo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana mekanisme perolehan dana tabungan haji di Bank Mega Syariah KC Surabaya Darmo? Dan 2) Bagaimana analisis Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) 02/DSN-MUI/IV/2000 terhadap dana tabungan haji di Bank Mega Syariah KC Surabaya Darmo? Skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Dalam hal ini teknik yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif analisis melalui metode berfikir deduksi yang berangkat dari pengetahuan yang sifatnya umum, dan bertitik tolak dengan pengetahuan yang umum itu kita hendak menilai suatu kejadian khusus dan dibahas sesuai dengan hukum Islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa. Pertama, dana tabungan haji di Bank Mega Syariah KC Surabaya Darmo memakai akad mudharabah Muthlaqah. Akad Mudharabah Muthlaqah adalah akad pemilk dana memberikan modalnya kepada pengelola tanpa adanya syarat tertentu. Dasar mudharabah dalam Islam (fiqih muamalah), pada dasarnya transaksi bisnis yang menjadi inti dalam fiqih muamalah adalah transaksi bagi hasil. Akad mudharabah adalah satu akad dengan sistem bagi hasil. Akad tersebut diperbolehkan dalam Islam, karena untuk saling membantu antara orang yang mempunyai modal dan pelaku usaha. Dalam prakteknya Bank Mega Syariah KC Surabaya Darmo memakai akad mudharabah muthlaqah untuk produk Dana Tabungan Haji yang sudah sesuai dengan ketentuan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Nomor 02/DSN-MUI/IV/2000. Kedua, dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Nomor 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang tabungan menjelaskan tabungan yang dibenarkan yaitu tabungan yang berdasarkan prinsip Mudharabah dan Wadi’ah. Dimana kedudukan Bank Mega Syariah KC Surabaya Darmo yang mengurus dan membantu nasabah untuk mendapatkan seat/porsi dari pihak otoritas berhak mendapatkan nisbah atas pekerjaan yang berupa pelayanan pengurusan haji. Bank mega Syariah KC Surabaya Darmo tersebut memakai akad Mudharabah yang berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Nomor 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang tabungan. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka di Bank Mega Syariah KC Surabaya Darmo telah menerapkan akad mudharabah (qiradh) yang sesuai dengan ketentuan Hukum Islam. Pertama, sebaiknya para nasabah yang belum cukup uang untuk melunasi kekurangan porsi haji, menabung di Bank Mega Syariah Kc Surabaya Darmo ini dijamin akadnya sesuai dengan ketentuan Hukum Islam. Kedua, hendakanya nasabah dalam menabung tabungan haji memperhitungkan bank-bank syariah yang menggunakan akad mudharabah, karena disamping sesuai dengan Hukum Islam juga memasyaratkan ajaran ekonomi Islam terutama di bank-bank syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Tamara Ditatamitasasmitah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Haji
Keywords: Tabungan haji; perbankan syariah; DSN
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hakim Tamara Dita
Date Deposited: 03 May 2017 02:48
Last Modified: 22 Aug 2017 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16652

Actions (login required)

View Item View Item