Tinjauan maslahah mursalah dalam putusan Pengadilan Agama Mojokerto nomor 0052/Pdt.P/2014/PA.Mr tentang pencabutan atas surat penolakan perkawinan oleh pegawai pencatat nikah KUA Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Addefa, Muhammad Fahruddin Alwy (2017) Tinjauan maslahah mursalah dalam putusan Pengadilan Agama Mojokerto nomor 0052/Pdt.P/2014/PA.Mr tentang pencabutan atas surat penolakan perkawinan oleh pegawai pencatat nikah KUA Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Tinjauan Maslahah Mursalah dalam Putusan Pengadilan Agama Mojokerto Nomor 0052/Pdt.P/2014/PA.Mr tentang pencabutan atas surat penolakan perkawinan oleh pegawai pencatat nikah KUA Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara Nomor 0052/Pdt.P/2014/PA.Mr dan bagaimana tinjauan maslahah mursalah dalam putusan Pengadilan Agama Mojokerto Nomor 0052/Pdt.P/2014/PA.Mr. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yang mana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk menggalih tentang praktik perkawinan anggota Pegawai Negeri pada Polri dengan calon istrinya di tolak oleh Pegawai Pencatat Nikah KUA Mojoanyar Kabupaten Mojokerto dengan alasan anggota Pegawai Negeri pada Polri yang bersangkutan tidak mendapatkan izin dari orang tua mempelai laki-laki (Polri) serta melakukan wawancara kepada Hakim Pengadilan Agama Mojokerto tentang Maslahah Mursalah terhadap kasus tersebut diatas. Hasil penelitian yang diperoleh tentang bagaimana dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara Nomor 0052/Pdt.P/2014/PA.Mr yakni dengan melihat secara yuridis, filosofis, dan sosiologis. Serta berdasarkan asas lex siperiori derogat legi inferiori. Tinjauan mas{lah{ah mursalah dalam putusan Pengadilan Agama Mojokerto Nomor 0052/Pdt.P/2014/PA.Mr yakni agar para Polri tidak mengambil jalan tengah, yaitu dengan melakukan nikah sirri atau malah melakukan zina. Apabila keadaan itu dibiarkan dan sampai terjadi maka akan menjadi permasalahan baru bagi para Polri dan menimbulkan kemadhorotan.Saran dalam peneltian ini ditujukan kepada Kapolri hendaknya merevisi peraturan tentang tata cara pengajuan izin bagi Pegawai Negeri pada Polri seorang laki-laki, yang asalnya pengajuan izin bisa di ganti dengan sebatas pemberitahuan kepada orang tua. Bagi Hakim Pengadilan Agama Mojokerto apabila ada kasus yang sama dengan Pasal 6 Perkapolri Nomor 9 Tahun 2010, hendaknya menggunakan mas{lah{ah mursalah sebagai dasar pertimbangan putusan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Addefa, Muhammad Fahruddin Alwyalwyaddefa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Maslahah Musrasalah; perkawinan; penolakan pencatatan perkawinan; keputusan pengadilan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Addefa Muhammad Fahruddin Alwy
Date Deposited: 03 May 2017 06:54
Last Modified: 03 May 2017 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16750

Actions (login required)

View Item View Item