PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MENGAPLIKASIKAN BRAIN MANAGEMENT DENGAN BANTUAN SOFTWARE CARGO BRIDGE

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Samsudin, Ahmad Bahrul (2014) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MENGAPLIKASIKAN BRAIN MANAGEMENT DENGAN BANTUAN SOFTWARE CARGO BRIDGE. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Agar pembelajaran dapat menggunakan otak kiri dan kanan siswa, maka diperlukan
suatu proses pembelajaran yang bisa membantu siswa dalam belajar memecahkan masalah.
Melalui pembelajaran yang berbasis masalah diharapkan guru dapat mengkondisikan siswa
untuk siap menghadapi masalah di dalam kehidupan sehari – hari serta mengkondisikan
berfungsinya kedua belahan otak siswa atau lebih dikenal dengan manajemen otak (Brain
Management). Pembelajaran matematika dengan melibatkan manajemen otak sangat diperlukan
dalam pelajaran matematika. Melalui manajemen otak diharapkan pembelajaran matematika
menjadi menyenangkan bagi siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui
proses pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah mengaplikasikan brain
management dengan bantuan software cargo bridge. 2) mengetahui kevalidan pengembangan
perangkat pembelajaran berbasis masalah mengaplikasikan brain management dengan bantuan
software cargo bridge; 3) Untuk mengetahui kepraktisan hasil pengembangan perangkat
pembelajaran berbasis masalah mengaplikasikan brain management dengan bantuan software
cargo bridge ;4) Untuk mengetahui efektifitas pengembangan perangkat pembelajaran berbasis
masalah mengaplikasikan brain management dengan bantuan software cargo bridge; 5) Untuk
mengetahui aktivitas siswa selama berlangsungnya pembelajaran berbasis masalah
mengaplikasikan brain management dengan bantuan software cargo bridge 6) Untuk
mengetahui keterlaksanaan sintaks dalam pembelajaran berbasis masalah mengaplikasikan
brain management dengan bantuan software cargo bridge; 7). Untuk mengetahui respon siswa
terhadap pembelajaran berbasis masalah mengaplikasikan brain management dengan bantuan
software cargo bridge
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-b SMP MUHAMMADIYAH 4
GADUNG SURABAYA yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan menurut Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu :
pendefinisian (Define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran
(disseminate). Dalam penelitian ini hanya dilakukan pada tahap ketiga, yaitu pendefinisian
(Define), perencanaan (design) dan pengembangan (develop). Dan teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah validasi, observasi, dan angket.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) hasil dari masing-masing
perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini telah dinilai valid oleh para
ahli, hasil rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,32 dan rata-rata total kevalidan LKS sebesar
3,28. 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKS mendapat ratarata
penilaian “B” dari para validator. Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang
dikembangkan berada dalam kategori “praktis” dan dapat digunakan.
3) Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan dikatakan efektif karena di tinjau dari hasil observasi
aktivitas siswa yang tergolong dalam kategori efektif, keterlaksanaan sintaks pembelajaran
yang masuk dalam kriteria sangat baik dan efektif, dan hasil dari respon siswa tentang
pengembangan perangkat pembelajaran yang positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agus Prasetyo Kurniawan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Samsudin, Ahmad BahrulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Pengembangan; Pembelajaran Berbasis Masalah; Brain Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2015 03:12
Last Modified: 10 Apr 2015 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1685

Actions (login required)

View Item View Item