ANALISIS PROBLEMATIKA TINGKAT MINAT BELAJAR AL QURAN DI TPQ MIFTAHUL ABIDIN DESA BOTENG KECAMATAN MENGANTI - KABUPATEN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyani, Evi (2014) ANALISIS PROBLEMATIKA TINGKAT MINAT BELAJAR AL QURAN DI TPQ MIFTAHUL ABIDIN DESA BOTENG KECAMATAN MENGANTI - KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penulis mengambil judul skripsi ini dengan latar belakang masalah banyak santri yang semakin tinggi tingkat pendidikannya semakin rendah pula minat belajar Al Qurannya. Ditingkat iqro’, masih banyak anak-anak yang berminat belajar Al Quran namun menginjak tingkat Al Quran minat belajar Al Qurannya pun semakin menurun. Perkembangan zaman sudah mempengaruhi pola pergaulan anak-anak, ditambah kurang fahamnya orang tua terhadap pentingnya belajar Al Quran untuk anak-anak mereka. Taman pendidikan Al Quran yang merupakan wadah untuk belajar Al Quran, seakan-akan tidak diperdulikan keberadaannya. Sarana prasarana TPQ yang kurang memadahi dan SDM ustadz ustadzah yang kurang pun terkadang membuat minat belajar Al Quran para santri menurun.
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana minat belajar Al-Quran para santri TPQ Miftahul Abidin?. (2) Bagaimana pengaruh problem-problem yang terjadi, terhadap tingkat minat belajar Al-Quran di TPQ Miftahul Abidin?. (3) Bagaimana solusi atau upaya untuk mengatasi problem-problem yang terjadi terhadap tingkat minat belajar Al-Quran di TPQ Miftahul Abidin?. Untuk menjawab masalah di atas, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam penyajian dan analisis data penulis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu suatu analisis yang memfokuskan pada penunjukan makna, menjelaskan dan menempatkan data pada konteksnya masing-masing dan melukiskannya dalam bentuk kata-kata, dan data yang terkumpul dianalisis untuk menyederhanakan data ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasikan.
Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) Minat belajar Al Quran para santri TPQ Miftahul Abidin mengalami penurunan pada saat usia anak menganjak remaja. (2) Pengaruh problem – problem yang terjadi terhadap tingkat minat belajar Al Quran yakni menurunnya minat belajar para santri. (3) Solusi atau upaya untuk mengatasi problem-problem yang terjadi diantaranya memberikan metode –metode mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan agar minat belajar Al Quran para santri meningkat, melibatkan masyarakat dalam kegiatan keagamaan agar para pengurus TPQ bisa melakukan pendekatan pada masyarakat akan pentingnya belajar Al Quran, orang tua yang kurang faham akan pentingnya belajar Al Quran diberi arahan agar para orang tua mau membangkitkan minat anak dalam belajar Al Quran dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Nawawi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyani, EviUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Problematika; Minat Belajar; Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:19
Last Modified: 10 Apr 2015 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item