IMPLEMENTASI DAN EFEKTIVITAS PERSONAL SELLING DALAM MEMASARKAN PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA KJKS MANFAAT SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuwanzah, Dedi (2014) IMPLEMENTASI DAN EFEKTIVITAS PERSONAL SELLING DALAM MEMASARKAN PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA KJKS MANFAAT SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Akhir-akhir ini banyak lembaga keuangan syariah berdiri, baik itu bank maupun koperasi. Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) yang merupakan lembaga keuangan syariah yang masih baru, dituntut untuk mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya, sehingga strategi pemasaran yang tepat sangat dibutuhkan. Personal sellingmerupakan salah satu metode memasarkan produk, sampai produknya bisa diserap oleh pasar. KJKS Manfaat memasarkan produk pembiayaan Mudharabah-nya dengan menggunakan personal selling, mampu bertahan bahkan semakin berkembang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi personal selling dalam memasarkan produk pembiayaan Mudharabah, serta keefektifan pemasaran dengan personal selling di KJKS Manfaat.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, peneliti menggambarkan bagaimana personal selling yang dilakukan di KJKS Manfaat. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, snowball sampling. Metode analisis data yang peneliti gunakan adalah metode analisis data deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal selling yang dilakukan di KJKS Manfaat adalah melalui pendekatan Prospecting (Memilih dan menilai Prospek, Preaproach (pra pendekatan), Approach (pendekatan) Presentation, Handling Objection (mengatasi keberatan), Closing (menutup penjualan), Follow up (tindak lanjut). Keunggulan personal selling dapat menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan dan juga langsung mengetahui jawaban calon anggota/nasabah. Kelemahan dari personal selling membutuhkan salesperson yang betul-betul berkompeten, dan waktu yang dibutuhkan juga relatif lebih lama.
Faktor yang mempengaruhi adalah kecakapan berkomunikasi, performens, serta akhlaq al karimah. Prinsip yang dilakukan adalah Siddiq/ kejujuran, Istiqomah/ konsisten, Fathanah/ profesional, Amanah/ kepercayaan, Tabligh/ komunikatif. Personal selling yang diterapkan di KJKS Manfaat sangat efektif, dan bisa meyakinkan calon anggota/nasabahnya sehingga berhasil meningkatkan usaha, setiap bulannya anggota masuk bertambah. Selain personal selling KJKS Manfaat juga memasarkan produk pembiayaannya dengan free magazine, namun tidak berjalan lama, karena kurang efektif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdul Kholiq Syafa’at
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuwanzah, DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Mudarabah
Ekonomi Islam
Keywords: Mudharabah; Pembiayaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:25
Last Modified: 10 Apr 2015 04:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item