Analisis hukum Islam terhadap tradisi hutang dengan gadai sawah di Daerah Dukuh Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Miftahul (2012) Analisis hukum Islam terhadap tradisi hutang dengan gadai sawah di Daerah Dukuh Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16933

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana mekanisme terhadap pelaksanaan tradisi hutang dengan gadai sawah di Desa Dukuh Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tradisi hutang dengan gadai sawah di Desa Dukuh Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Dalam menjawab permasalahan tersebut menggunakan penelitian Kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif dari pengamatan atau sumber-sumber tertulis. Maka data yang diperoleh baik primer maupun skunder dianalisis menggunakan metode deskriptif, yaitu menerangkan serta menjelaskan secara mendalam terhadap semua aspek yang berkaitan dengan masalah penelitian. Adapun pola pikir menggunakan logika induktif yaitu dengan melihat fakta dan data basil penelitian tersebut kemudian dianalisis dengan hukum Islam yang bersifat umum dan diakhiri dengan kesimpulan. Adapun basil penelitian yang penulis dapatkan, adalah bahwa mekanisme terhadap pelaksanaan tradisi hutang dengan gadai sawah di Desa Dukuh Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo adalah sebagai berikut, data tentang masalah tradisi hutang dan gadai sawah yang ada di Desa Dukuh Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Diantaranya adalah latar belakang terjadinya hutang dengan gadai sawah, penyebab terjadinya hutang dengan gadai sawah, jangka waktu hutang dengan gadai sawah dan pemanfaatan hutang dengan gadai sawah. Serta data tentang letak daerah, luas wilayah, jumlah penduduk, keadaan sosial agama, sarana dan prasarana pendidikan. Menurut kaidah hukum Islam mekanisme terhadap tradisi hutang dengan gadai sawah sebagai jaminan hutang adalah sah. Sebab dalam penyelesaian tersebut memuat landasan dasar hukum tentang hutang dengan gadai sawah tetapi dalam hutang dengan gadai sawah yang dibahas dalam masalah ini dapatlah dijelaskan hukumnya tidak boleh karena menurut penelitian yang telah diamati kalau salah satu dari mereka ada yang merasa dirugikan dan merasa terpaksa untuk menggadaikan barang gadaiannya karena terdesaknya untuk meminj am uang. Dari kesimpulan diatas, maka kepada pemegang hutang dengan gadai sawah disarankan; pertama, hendaknya tidak memanfaatkan barang terlalu berlebihan. Kedua, hendaknya kedua belah pihak dalam melaksanakan hutang dengan gadai sawah memakai adanya batas waktu tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Miftahul--UNSPECIFIED
Subjects: Gadai
Keywords: Tradisi hutang; gadai sawah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2017 08:46
Last Modified: 08 Dec 2017 10:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16933

Actions (login required)

View Item View Item