Konstruksi pemberitaan Ramadhan 2016 di media online: framing pemberitaan kompas.com dan republika.co.id periode 12-16 Juni 2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maula, Ismatul (2017) Konstruksi pemberitaan Ramadhan 2016 di media online: framing pemberitaan kompas.com dan republika.co.id periode 12-16 Juni 2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana konstruksi pemberitaan Ramadhan 2016 di media online Kompas.com dan Republika.co.id periode 12-16 Juni 2016. Adapun tujuannya adalah peneliti ingin mengetahui konstruksi pemberitaan Ramadhan 2016 di media online Kompas.com dan Republika.co.id periode 12-16 Juni 2016. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut secara menyeluruh, maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti kemudian melakukan observasi dan dokumentasi dalam penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisa sesuai dengan rumusan framing model Zhongpan Pan dan Gerald M. Kosicki dengan mengklarifikasi simbol-simbol dalam kalimat berita. Adapun konstruksi yang dilakukan oleh Kompas.com dan Republika.co.id terkait pemberitaan Ramadhan 2016 adalah secara sintaks Kompas.com mempunyai pandangan pemberitaan yang tendensius akan nilai toleransi dan menginginkan adanya pemisahan urusan pemerintahan dengan agama sehingga keberadaan perda syariah ini dianggap tidak tepat diterapkan di Serang. Sedangkan Republika.co.id berpandangan bahwa nilai islam bisa disinergikan dengan peraturan pemerintah dan perda ini merupakan aspirasi masyarakat lokal, sehingga keberadaan perda syariah perlu dilestarikan. Secara script, Kompas.com memberikan penekanan pada aspek human interest melalui eksploitasi keprihatinan terhadap nasib Ibu Saeni. Sedangkan Republika.co.id berusaha menjelaskan pentingnya perda syariah dan pelaksanaan perda sdah sesuai prosedur yang ada. Secara tematik, Kompas.com menyajikan berita yang lebih menyerang perda yang mengrah ke segala bentuk perda yang berbau syariah. Sedangkan Republika.co.id menyajikan berita yang mengedepankan misi islam dan penggalian fakta untuk menjaga sikap objektifitas dalam berita. Secara retoris, Kompas.com hanya menggambarkan kasus hanya dari satu sudut pandang saja, sehingga materi yang disajikan cenderung proaktif. Sedangkan Republika.co.id memberikan penjabaran berita sesuai fakta yang terjadi di lapangan, sehingga tetap menjaga objektivitas dengan nilai-nilai islam. Rekomendasi dan saran kepada peneliti selanjutnya agar penelitian mengenai analisis framing dan penggunaan teori konstruksi sosial ini mampu menjadi acuan dan mampu mengembangkan penelitian ini, tidak hanya pada tataran Komodifikasi, melainkan menggunakan Spasialisasi dan Strukturasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maula, Ismatulismatul.maula94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Keywords: Konstruksi pemberitaan; Media online; Framing pemberitaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maula Ismatul
Date Deposited: 23 May 2017 07:15
Last Modified: 23 May 2017 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16998

Available Versions of this Item

  • Konstruksi pemberitaan Ramadhan 2016 di media online: framing pemberitaan kompas.com dan republika.co.id periode 12-16 Juni 2016. (deposited 23 May 2017 07:15) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item