Implementasi metode menghafal al Quran: studi kasus di lima pesantren Tahfiz al Quran Kabupaten Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Almalachim, Ainul Churria (2017) Implementasi metode menghafal al Quran: studi kasus di lima pesantren Tahfiz al Quran Kabupaten Jember. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Metode merupakan sebuah cara atau jalan untuk menempuh sesuatu. Seperti hal nya dengan menghafal Al-Qur`an, perlu adanya metode tertentu untuk menghafalnya. Di Kabupaten Jember terdapat beberapa pondok pesantren khusus taḥfiz Al-Qur`an atau pondok pesantren biasa akan tetapi menyelenggarakan program taḥfiz Al-Qur`an. Tentunya dari sekian banyak pesantren taḥfiz Al-Qur`an memiliki implementasi metode yang berbeda bahkan sama antara yang satu dengan yang lain serta memiliki sisi kelebihan kelemahan masing-masing. Rumusan masalah penelitian ini adalah: a) Bagaimana implementasi metode menghafal Al-Qur`an yang diterapkan di lima pesantren taḥfiz Al-Qur`an Kabupaten Jember? b) Apa kelebihan dan kelemahan dari implementasi metode menghafal Al-Qur`an yang diterapkan di lima pesantren taḥfiz Al-Qur`an Kabupaten Jember? c) Metode apakah yang paling efektif diterapkan di lima pesantren taḥfiz Al-Qur`an Kabupaten Jember?. Adapun tujuan penelitian ini adalah a) Untuk mengetahui secara mendalam tentang implementasi metode menghafal Al-Qur`an yang diterapkan di lima pesantren taḥfiz Al-Qur`an Kabupaten Jember. b) Untuk mengetahui secara mendalam kesulitan dan kemudahan dari implementasi metode menghafal Al-Qur`an di lima pesantren taḥfiz Al-Qur`an Kabupaten Jember. c) Untuk menilai metode yang paling efektif diterapkan di lima pesantren taḥfiz Al-Qur`an Kabupaten Jember.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimaksudkan untuk mengetahui implementasi metode menghafal Al-Qur`an di lima pesantren taḥfiz Al-Qur`an Kabupaten Jember serta menganalisa metode apa yang paling efektif di implementasikan dan mengetahui seberapa besar ilmu tafsir masuk dalam kancah taḥfiz Al-Qur`an di pesantren. Serta metode ini digunakan untuk mendapatkan informasi atau data-data deskriptif baik berupa tulisan ataupun ucapan lisan dari orang-orang yang di amati. Dalam hasil temuan penelitian dari kelima pondok pesantren taḥfiz Al-Qur`an yang diamati ada beberapa metode yang sama-sama di implementasikan dan ada pula yang berbeda. Persamaan dan perbedaan tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Akan tetapi metode yang paling efektif di implementasikan di kelima pesantren taḥfiz tersebut adalah metode target yakni metode menghafal Al-Qur`an yang disertai program dan komitmen serta batasan bagi penghafal Al-Qur`an dalam proses dan waktu menghafal. Metode ini dinilai efektif dikarenakan pencapaian nya sesuai dengan parameter yang telah ditentukan sehingga program yang direncanakan berhasil dan mencetak para penghafal Al-Qur`an yang 70-80% khatam serta lancar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Almalachim, Ainul Churriaielmhaamigos@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Metode menghafal al Quran
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Almalachim Ainul Churria
Date Deposited: 23 May 2017 08:35
Last Modified: 07 Sep 2017 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17022

Actions (login required)

View Item View Item