Integrasi sekolah dan madrasah ke dalam institusi pesantren untuk pengembangan pendidikan Islam: studi multi kasus di SMA Ar-Risalah Kediri dan MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istikomah, Istikomah (2017) Integrasi sekolah dan madrasah ke dalam institusi pesantren untuk pengembangan pendidikan Islam: studi multi kasus di SMA Ar-Risalah Kediri dan MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Dikotomi ilmu dalam Islam telah lama terjadi, salah satu wujudnya adanya lembaga pendidikaan pesantren, madrasah dan sekolah. Pesantren dan madrasah mewakili sebagai sekolah agama, sementara sekolah mereprentasikan sebagai sekolah umum. Namun para pemikir dan pemerhati pendidikan Islam terus berupaya untuk mengikis dikotomi tersebut, salah satu bentuknya adalah adanya pesantren yang mendirikan sekolah atau madrasah, sehingga terjadi integrasi keilmuan antara ilmu agama dan umum. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dengan muatan kurikulum pengetahuan umum yang dominan, hanya mampu mencetak generasi yang cerdas intelektual, namun belum diimbangi dengan kecerdasan emosional dan spiritual. Sementara pesantren yang hanya mengkaji ilmu agama semata tidak mampu mengantarkan lulusanya untuk siap dalam menghadapi dunia kerja, dengan demikian integrasi sekolah atau madrasah ke dalam institusi pesantren menjadi alternatif utama. Bentuk integrasi pendidikan di pesantren adalah model integrasi monistik yang menolak dualism ilmu pengetahuan. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dilaksanakannya integrasi sekolah dan madrasah ke dalam institusi pesantren, bentuk integrasi yang dilakukan serta dampaknya dalam pengembangan pendidikan Islam. Rancangan penelitian ini menggunakan multi-kasus yang dilakukan di SMA Ar-Risalah Kediri dan MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Sesuai dengan rancangan penelitian yang bersifat multi kasus, maka analisis datanya dilakukan melalui dua tahap, yakni analisis data kasus individu (individual case) dan analisis data lintas kasus (cross case analisys) dengan teknik reduksi data, display, dan terakhir verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) latar belakang integrasi yang dilakukan di dua sekolah ini adalah ketidakpuasan dengan sistem pesantren salaf, menghilangkan dikotomi ilmu, menghilangkan image pesantren sebagai lembaga pendidikan kelas dua, memformat pendidikan Islam yang ideal, mengembalikan kejayaan Islam serta mencetak generasi muslim yang intelek namun tetap berpegang teguh pada nilai Islam (2) model integrasi yang diterapkan adalah integrasi monistik dalam bentuk institusional, manajerial, kurikulum, kesiswaan dan pembiayaan. Fungsi kepala sekolah hanya bersifat koordinatif, sebab Kiai atau Ning yang memegang otoritas penuh. Dengan demikian kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya belum sesuai dengan konsep manajemen moderen namun sukses, faktor utamanya adalah kharisma Kiai atau Ning (3) pelaksanaan integrasi lembaga pendidikan di dalam pesantren memiliki dampak yang positif diantaranya, jumlah lembaga pendidikan Islam meningkat, image pesantren akan lebih bagus, lulusanya memiliki kemampuan ganda (ilmu agama dan umum), serta nuansa pesantren lebih dinamis dan bervariatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istikomah, Istikomahistikomahb@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Integrasi; Sekolah; Madrasah dan Pesantren
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Istikomah Istikomah
Date Deposited: 18 Aug 2017 06:54
Last Modified: 18 Aug 2017 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17134

Actions (login required)

View Item View Item