This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Indrawati, Titik (1995) Studi tentang Muhammad Abduh pembaharu pemikiran dalam Islam di Mesir abad XIX. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Salah satu dianatara tokoh pembaharuan untuk memperbaiki ajaran Islam adalah Muhammad Abduh. Beliau sadar dan prihatin terhadap kemunduran yang dihadapi umat Islam saat itu. Beliau ingin meneruskan perjuangan gurunya yakni Jamaluddin al Afghani, yang perjuangannya focus pada bidang politik karena dengan kekuatan fisik maka umat Islam akan maju. Lain halnya dengan Muhammad Abduh, beliau berpendapat bahwa umat Islam tanpa dibekali ilmu pengetahuan yang cukup maka tidak akan maju dan mudah terjajah dan dikuasai bangsa lain. Semanagt pejuangan beliau timbul karena rasa tidak puas terhadap kondisi umat Islam dan metode pendidikan al-Azhar yangmash tradisional. Rumusan masalah penelitian ini adalah; 1. Bagaimana kondisi umat Islam di Mesir abad XVIII. 2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi M. Abduh sebagai tokoh pembaharu. 3. Bagaimanakah pokok pikiran dan perjuangannya dalam memajukan umat Islam. Metode pembahasan penelitian ini menggunakan metode deduktif, metode induktif dan metode deskriptif analitik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1. Kondisi Mesir abad XVIII baik dalam bidang pemerintahan, keagamaan dan ilmu pengetahuan mengalami kemunduran. 2. Ada beberapa hal yang mempengaruhi M. Abduh sebagai tokoh pembaharu diantaranya adalah latar belakang kehidupannya, yang sejak kecil sudah ditanamkan pendidikan agama yang dipengaruhi oleh kelompok Sanusiah, kemudian beliau mendapat pendidikan di al Azhar Mesir. Selain itu munculnya gerakan pembaharuan di Mesir, yang pertama dipelopori oleh M.Ali yang dikenal sebagai bapak modernisasi di Mesir. Yang kedua pengaruh dari al Tahtawi yang menitik beratkan pada bidang pendidikan, yang ketiga adalah pengaruh dari Jamaludiin al Afghani yang terkenal dengan Pan Islamisnya. 3. Pokok pikiran dan perjuangannya dalam memajukan umat Islam dalam beberapa bidang diantaranya adalah bidang keagamaan, penekanannya dalam masalah aqidah. Selanjutnya dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Yang sangat penting mempelajari pengetahuan umum dengan tidak meninggalkan al-Qurán dan Hadits sebagai sumber pokok
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Biografi > Biografi Islam Pembaruan Pemikiran |
||||||
Keywords: | Muhammad Abduh; pembaharu pemikiran Islam; abad XIX | ||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2017 04:17 | ||||||
Last Modified: | 12 Jun 2017 04:17 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17213 |
Actions (login required)
View Item |