Jasa Dracula Therapy sebagai perawatan wajah di dr. Yanti Aesthetic Clinic Surabaya dalam perspektif hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Supriyadi, Putri Dwi (2012) Jasa Dracula Therapy sebagai perawatan wajah di dr. Yanti Aesthetic Clinic Surabaya dalam perspektif hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Dwi Supriyadi_C02208076 ok.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/17244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang; Bagaimana prosedur jasa dracula therapy sebagai perawatan wajah di dr. Yanti Aesthetic Clinic Surabaya? Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap jasa dracula therapy sebagai perawatan wajah di dr. Yanti Aesthetic Clinic Surabaya? Untuk menjawab permasalahan di atas, maka data penelitian ini dihimpun dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memberikan gambaran secara luas dan mendalam mengenai jasa dracula therapy yang selanjutnya dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh di lapangan dengan menggunakan konsep ijarah, darah dan berhias dalam perspektif hukum Islam kemudian disimpulkan menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan pertama, bahwa prosedur jasa perawatan dracula therapy merupakan jasa perawatan kecantikan untuk menghilangkan kerutan pada wajah, memancungkan hidung, menghilangkan kerutan mata, dan kantong mata, menghilangkan garis senyum pada wajah dengan basil instant dalam 60 menit dengan cara mengambil darah pasien sebanyak 10-20 cc dengan tabung khusus. Kemudian darah tersebut di centrifuge untuk memisahkan plasma darah dari sel darah merah dan melalui beberapa proses sehingga mendapatkan hasil maksimal serta terbentuk filler untuk disuntikkan pada wajah. Kedua, jasa dracula therapy merupakan jasa perawatan yang tidak diperbolehkan dalam hukum Islam. Hal ini dikarenakan jasa perawatan dracula therapy tidak memenuhi syarat sah ijarah yakni Ma'qud 'alayh (barang) harus dapat memenuhi secara syara', sedangkan jasa perawatan dracula therapy ini, bahan yang digunakan berasal dari plasma darah yang termasuk benda najis dan haram. Selain itu, perawatan dracula therapy termasuk dalam berhias yang berlebihan dan proses mengubah ciptaan Allah (tagyir khalqillah) yang tidak diperbolehkan oleh nash-nash syara’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Supriyadi, Putri Dwi--C02208076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, M. LathoifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Estetika
Salon Kecantikan
Keywords: Jasa Dracula Therapy perawatan wajah; dr. Yanti; Aesthetic Clinic Surabaya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2017 06:21
Last Modified: 04 Jan 2024 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17244

Actions (login required)

View Item View Item