Analisis sharia compliance terhadap implementasi akad mudharabah muthlaqah dalam produk simpanan deposito mudharabah pada KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Almaqfirah, Desi (2017) Analisis sharia compliance terhadap implementasi akad mudharabah muthlaqah dalam produk simpanan deposito mudharabah pada KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi akad mudharabah muthlaqah dalam produk simpanan deposito mudharabah pada KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo dan bagaimana analisis sharia compliance terhadap implementasi akad mudharabah muthlaqah dalam produk simpanan deposito mudharabah pada KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo. Penelitaian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentatif dan wawancara langsung dengan customer service, manager operational dan pimpinan cabang pembantu sebagai pihak yang menangani proses transaksi produk simpanan deposito mudharabah. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi secara mendalam terkait permasalahan yang peneliti angkat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi akad mudharabah muthlaqah dalam produk simpanan deposito mudharabah di KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo menggunakan prinsip mudharabah (bagi hasil) dengan akad mudharabah muthlaqah (investasi tidak terikat), dalam pembagian keuntungan pada produk simpanan deposito mudharabah dinyatakan dalam bentuk nisbah, perhitungan bagi hasil menggunakan metode revenue sharing, setiap nasabah mendapat bagi hasil pada saat jatuh tempo dikenakan pajak sebesar 20%, apabila nasabah mencairkan diluar tanggal jatuh tempo dikenakan denda sebesar Rp. 100.000. Pada awal akad bank tidak memberitahukan kepada nasabah bahwa akad yang digunakan adalah akad mudharabah muthlaqah, bank hanya menyampaikan kepada nasabah bahwa produk simpanan deposito mudharabah tersebut menggunakan prinsip mudharabah (bagi hasil), serta dalam penetapan nisbah bagi hasil bank sudah menetapkan nisbahnya tanpa memberikan kesempatan kepada nasabah untuk tawar menawar. Pelaksanaan produk simpanan deposito mudharabah di KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo telah memenuhi ketentuan syariah berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia dan Peraturan Bank Indonesia (PBI) dengan baik. Dalam pelaksanaan produk simpanan deposito mudharabah di KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo, pihak bank diharapkan memberikan kesempatan tawar menawar kepada nasabah agar tidak ada unsur paksaan dalam menetapkan nisbah, pada saat awal akad pihak bank sebaiknya memberitahukan dengan jelas bahwa akad yang digunakan dalam produk simpanan deposito mudharabah adalah akad mudharabah muthlaqah serta dapat mempertahankan kepatuhan syariah yang telah terpenuhi dengan baik. Hal ini dilakukan agar kebutuhan nasabah terpenuhi dengan tetap mengacu pada nilai-nilai syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Almaqfirah, Desidesi.almqfirah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Sharia compliance; akad mudharabah muthlaqah; produk simpanan deposito mudharabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ALMAQFIRAH Desi
Date Deposited: 15 Jun 2017 05:05
Last Modified: 15 Jun 2017 05:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17290

Actions (login required)

View Item View Item