Analisis kepatuhan syariah terhadap metode pengakuan margin murabahah pada KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzia, Umi (2017) Analisis kepatuhan syariah terhadap metode pengakuan margin murabahah pada KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana mekanisme pembiayaan murabahah pada KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo, bagaimana metode pengakuan margin murabahah pada KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo, dan bagaimana analisis kepatuhan syariah terhadap mekanisme pembiayaan dan metode pengakuan margin murabahah pada KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumentatif dan wawancara langsung dengan account officer, account officer mikro, unit head dan pimpinan cabang pembantu sebagai pihak yang menangani proses pembiayaan murabahah. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi terkait permasalahan yang peneliti angkat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskripstif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pembiayaan murabahah di KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo dilakukan dengan pembelian barang yang diwakilkan kepada nasabah. Metode pengakuan margin murabahah pada pembiayaan mikro di KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo dengan menggunakan metode anuitas, yaitu angsuran harga pokok semakin membesar dan margin semakin mengecil tiap angsuran per bulan selama jangka waktu tertentu. Apabila bank menggunakan metode anuitas, maka porsi keuntungan selalu ada selama jangka waktu angsuran namun porsi keuntungan tersebut akan berkurang apabila nasabah melakukan pelunasan lebih awal karena nasabah mendapatkan potongan pelunasan murabahah dengan mengurangi porsi margin. Pelaksanaan pembiayaan murabahah dan penggunaan metode pengakuan margin murabahah di KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo belum sepenuhnya memenuhi ketentuan syariah berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Dalam pelaksanaan pembiayaan murabahah di KCP BRI Syariah Sepanjang Sidoarjo, pihak bank diharapkan menggunakan mekanisme yang lebih efisien, dan untuk pengajuan potongan pelunasan sebaiknya nasabah membuat permohonan tertulis sesuai dengan standar produk pembiayaan murabahah serta dapat mempertahankan kepatuhan syariah yang telah terpenuhi dengan baik. Hal ini dilakukan agar kebutuhan nasabah terpenuhi dengan tetap mengacu pada nilai-nilai syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzia, Umiufauzia963@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Kepatuhan syariah; metode pengakuan margin murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fauziah Umi
Date Deposited: 15 Jun 2017 05:01
Last Modified: 15 Jun 2017 05:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17295

Actions (login required)

View Item View Item