Implementasi metode menghafal al Qur'an dalam mewujudkan kualitas hafalan al Qur'an: studi komparasi di Pondok Pesantren Tahfiz al Qur’an Shohihuddin Surabaya dan Pondok Pesantren Modern al Azhar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyono, Muhammad Nur (2017) Implementasi metode menghafal al Qur'an dalam mewujudkan kualitas hafalan al Qur'an: studi komparasi di Pondok Pesantren Tahfiz al Qur’an Shohihuddin Surabaya dan Pondok Pesantren Modern al Azhar Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Metode menghafal Al Qur’an adalah cara yang tepat dan cepat untuk memasukkan informasi berupa ayat-ayat Al Qur’an, dapat menyimpannya dan juga dapat menyampaikan kembali diluar kepala. kualitas hafalan Al Qur’an adalah nilai yang menentukan baik atau buruknya ingatan hafalan Al Qur’an pada seseorang secara keseluruhan, menghafal dengan sempurna (yaitu hafal seluruh Al Qur’an dengan mencocokkan dan menyempurnakan hafalannya), membaca dengan lancar dan tidak terjadi suatu kesalahan terhadap kaidah bacaan yang sesuai dengan aturan tajwid yang benar serta senantiasa menekuni, merutinkan, mencurahkan segenap tenaganya dan sungguh-sungguh dalam menjaga hafalan agar tidak lupa. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Tah{fi>z{ Al Qur’an Shohihuddin Surabaya dan Pondok Pesantren Modern Al Azhar Gresik. Penelitian ini focus pada metode yang digunakan oleh kedua pondok tersebut. Karena kedua pesantren tersebut memakai metode yang sama namun berbeda dalam aplikasinya. Penelitian ini merupakan studi komparasi untuk membandingkan, mengetahui kelebihan dan kekurangan metode menghafal Al Qur’an yang diterapkan di kedua pesantren untuk mewujudkan kualitas hafalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya melalui tahapan reduksi data, penyajian data, nerifikasi, dan analisis data.
Hasil penelitian implementasi metode menghafal Al Qur’an di pondok pesantren Tah{fi>z{ Al Qur’an Shohihuddin mencakup persiapan sebelum menghafal, metode yang digunakan menghafal, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian kualitas hafalan santri pondok pesantren Tah{fi>z{ Al Qur’an Shohihuddin adalah dilihat dari data wawancara, menge-tes santri dan alumni menunjukkan bahwa bisa dikatakan menghasilkan kualitas yang baik dan sempurna walaupun tidak sangat sempurna. Hasil penelitian kelebihan dan kekurangan adalah memadukan 2 metode yang saling melengkapi secara bersamaan, santri tidak tertekan karena tidak ada tarjet, tidak ada tarjet waktu kapan harus selesai hafalan 30 juz, waktu yang ditempuh untuk selesai 30 juz relative lama. Hasil penelitian implementasi metode menghafal Al Qur’an di pondok pesantren Modern Al Azhar mencakup 4 aspek yaitu persiapan sebelum menghafal, metode yang digunakan menghafal, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian kualitas hafalan santri di pondok pesantren Modern Al Azhar adalah dilihat dari data wawancara, menge-tes santri dan alumni menunjukkan bahwa bisa dikatakan menghasilkan kualitas yang kurang baik, dan akan bisa menjadi baik kalau hafalannya di muroja’ah secara istiqomah dan sabar. Hasil penelitian kelebihan dan kekurangan adalah ada tarjet waktu kapan harus selesai hafalan 30 juz yaitu 40 hari, santri bingung dengan hafalannya ketika selesai menghafal 30 juz.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyono, Muhammad Nurmuhammadnurcahyono92@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Al Qur'an
Keywords: Implementasi; metode menghafal; kualitas hafalan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Nur Cahyono
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:42
Last Modified: 17 Nov 2017 10:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17329

Actions (login required)

View Item View Item