Gaya hidup sosial keagamaan masyarakat muslim etnis Madura di Kelurahan Sidotopo Wetan Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulaiman, Sulaiman (2012) Gaya hidup sosial keagamaan masyarakat muslim etnis Madura di Kelurahan Sidotopo Wetan Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah yang kami angkat, maka ada tiga persoalan yang akan dianalisis dalam skripsi ini. (1) Bagaimana gaya hidup masyarakat muslim etnis Madura di Kelurahan Sidotopo Wetan Surabaya pada era globalisasi? (2) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terkikisnya gaya hidup sosial keagamaan masyarakat muslim etnis Madura di Kelurahan Sidotopo Wetan Surabaya? (3) Bagaimana masyarakat muslim etnis Madura dalam memfilter budaya asing (budaya barat) seperti budaya berpakaian, pergaulan di Kelurahan Sidotopo Wetan Surabaya? Untuk menjawab tiga persoalan di atas, maka penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dan dianalisis dengan teori perilaku atau tindakan Max Waber, teori interaksionisme simbolik karena dengan menggunakan pendekatan tersebut fenomena atau permasalahan yang ada. Setelah penelitian ini dilakukan akhimya dapat ditemukan jawaban dari mmusan masalah yang diangkat yaitu Ketika memiliki waktu dan uang lebih, masyarakat muslim etnis Madura mengadakan kegiatan keagamaan secara besar-besaran, yaitu dengan mengundang penceramah terkenal dari luar kota, panggu ng yang besar, dan menyembelih sapi sebagai hidangan nantinya dengan mengundang warga sekitar. Selanjutnya, dengan kemajuan teknologi juga memasuki kegiatan keagamaan hal itu terbukti dengan adanya HP atau PC yang ada fitur Al-Qur' an nya terkadang juga bisa dijadikan dalam kegiatan keagamaan. Betapa banyaknya wujud modernisasi, kemajuan teknologi dan komunikasi, Kepadatan penduduk atau populasi penduduk di lingkungan atau wilayah yang di tempati. pembauran etnis. Sedangkan upaya masyarakat muslim etnis Madura dalam memfilter masuknya budaya asing (budaya berpakaian, pergaulan) berupa a). Tetap bcrsyukur dengan budaya asli. b). mcningkatkan iman dan ketaqwaan. c). Penuh kehati-hatian. d). bersabar menghadapi semuanya. e). Pandai-pandai memilah baik buruknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulaiman, SulaimanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Gaya Hidup; Sosial Keagamaan; Masyarakat Madura
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2017 05:04
Last Modified: 10 Jul 2017 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17459

Actions (login required)

View Item View Item