Remaja dan perubahan sosial: studi tentang pergeseran perilaku keagamaan remaja Di Dusun Kowang Desa Gebangsari Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyafa’, Ahmad Adib (2012) Remaja dan perubahan sosial: studi tentang pergeseran perilaku keagamaan remaja Di Dusun Kowang Desa Gebangsari Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (553kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB)

Abstract

Ada dua persoalan yang akan di kaji dalam skrisi ini yaitu: (1) Bagaimana bentuk pergeseran perilaku keagamaan remaja Di Dusun Kowang, Desa Gebangsari, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, (2) Apa yang melatarbelakangi terjadinya pergeseran perilaku keagamaan remaja Dusun kowang, Desa Gebangsari, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Untuk menjawab kedua permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, peneliti dalam penelitian ini menggunakan teori Difusi dan menggunakan metodologi deskriptif-kualitatif Semua itu digunakan untuk mencari data yang akurat tentang Remaja Dan Perubahan Sosial Studi Tentang Pergeseran Perilaku Keagamaan Remaja Dusun Kowang Desa Gebangsari Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Sesuai dengan fenomena dan fakta yang ada di lapangan. Kemudian data tersebut di analisis secara kritis dengan dasar pemikiran teori difusi, sehingga di peroleh makna yang mendalam mengenai pergeseran perilaku keagamaan remaja. Dari basil penelitian ini di temukan bahwa (1) Pertama, pergeseran perilaku keagamaan yang terjadi pada remaja Dusun Kowang Desa Gebangsari ini membuat kondisi keagamaan yang berada di dusun kowang sendiri terpengaruh, banyaknya remaja yang tidak lagi memperhatikan agama sebagai suatu hal yang menjadi kewajiban untuk dijalankan, sehingga mushola yang menjadi tempat peribadatan bagi kaum muslim terlihat sepi karena generasi remaja yang menjadi penerus, tidak mau mengurus ataupun memperdulikan lagi akan keberadaan mushola atau masjid yang ada. Tidak itu saja tempat yang menjadi lahan untuk mencari ilmu, khususnya ilmu agama juga sudah terlihat sepi karena para remajanya lebih suka memegang tekhnologi-tekhnologi baru dari pada memegang kitab. (2) sedangkan yang melatarbelakangi terjadi pergeseran perilaku keagamaan remaja Dusun Kowang Desa Gebangsari ini yaitu masuknya penemuan-penemuan baru yang berupa tekhnologi-tekhnologi masih labil ini sangat mudah menerima rangsangan dari tekhnologi atau penemuan-penemuan baru lainnya, baik sikap, dan perkembangan perilaku keagamaanya. Dengan kata lain kurangnya penyuluhan dan bimbingan mengenai penggunaan tekhnologi tersebut yang menjadikan para remaja mengalami perubahan dalam keagamaannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyafa’, Ahmad AdibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Perilaku
Remaja
Keywords: remaja; perubahan sosial; perilaku keagamaan
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2017 03:17
Last Modified: 12 Jul 2017 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17504

Actions (login required)

View Item View Item