Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam perspektif Nurcholis Madjid dan pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Farisi, Salman (2017) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam perspektif Nurcholis Madjid dan pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Abstrak..pdf

Download (260kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (651kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (931kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (803kB) | Preview

Abstract

Kehidupan modern tampil dalam dua wajah yang antagonistik. Di satu pihak modernisme telah berhasil mewujudkan kemajuan yang spektakuler dalam bidang sain dan teknologi. Di sisi lain, ia telah menampilkan wajah kemanusiaan yang buram berupa manusia modern yang mengalami kesengsaraan ruhaniah. Masalah yang fundamental adalah pendidikan mengalami materialisasi tujuan. Keberhasilan pendidikan hanya berorientasi kuantitatif lulusan dan orientasi lapangan kerja. Akibatnya, krisis terbesar di dunia saat ini adalah krisis akhlak/karakter. Pendidikan akhlak yang seharusnya dapat membentuk output yang berakhlaqul karimah atau good character and smart, sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri, akan tetapi sampai saat ini belum bisa menyelesaikan persoalan akhlak bangsa yang semakin mengalami penurunan moral (dekadensi moral). Dalam pengembangan akhlak bisa dilakukan dengan cara menerapkan teori yang dikembangkan oleh tokoh-tokoh pendidikan karakter, seperti Miskaweih, Imam Al-Khozali, Nurcholish Madjid dan Thomas Lickona dari toko non muslim. Disini peneliti merelevansikan pemikiran Nurcholish Madjid dan Thomas Lickona dalam merumuskan nilai-nilai pendidikan akhlak/karakter. Studi ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data menggunakan karya-karya Nurcholish Madjid tentang pendidikan akhlak dan Thomas Lickona dalam buku Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility dan Character Matters. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode dekomentasi yaitu yaitu data yang diperoleh dari bahan-bahan tertulis yang berhubungan dengan masalah penelitian, baik dari sumber dokumen yaitu data primer maupun sekunder, foto-foto, buku-buku, ensiklopedi, karya tulis, artikel, surat kabar, internet, dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan analisis data dengan langkah-langkah Interpretasi induksi dan deduksi, metode koherensi intern, dan metode deskriptif serta pendekatan historis-filosofis. Hasil penelitian menunjukan bahwa relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak perspektif cak Nur dan Lickona yaitu ada dua point secara universal. menurut cak nur yaitu muamalah maa nas (akhlak) dan muamalah maa allah (tasawuf) sedangkan menurut Lickona yaitu moral universal and moral non universal. Pendapat dari kedua toko tersebut tidak ada perbedaan yang signifikan, akan tetapi dalam pengaplikasiannya Lickona lebih terperinci dalam memaparkan nilai-nilai yang harus ditanamkan kepada peserta didik dan lebih oprasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Farisi, Salmangankji2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Education; Akhlak; Character; Moral; Nurcholish Madjid; Thomas Lickona
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: al-farisi salman
Date Deposited: 13 Jul 2017 07:15
Last Modified: 20 Mar 2019 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17535

Actions (login required)

View Item View Item