lmplementasi terapi eksistensial dalam menangani siswa rendah diri: studi kasus siswa x Cacat Tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muallifah, Chusnul (2012) lmplementasi terapi eksistensial dalam menangani siswa rendah diri: studi kasus siswa x Cacat Tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chusnul Muallifah_D33208016 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah pelaksanaan bimbingan konseling dengan terapi eksistensial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pelaksanaan terapi eksistensial dalam membantu masalah siswa yang rendah diri karena kekurangan pada fisiknya, yaitu cacat tunanetra. Subyek penelitian ini adalah seorang siswi penyandang cacat tunanetra sejak lahir yang sekarang duduk dikelas IX di SMP Iskandar Said Surabaya yang mengalami rendah diri karena cacat tunanetra yang disandangnya.lnstrumen pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan dari hasil penelitian ini adalah terdapat siswa yang merasa rendah diri dikamakan cacat fisik, dan setelah dilaksanakan terapi eksistensial siswa tersebut mengalami perubahan keranah yang positif, siswa mulai terbuka dalam bergaul dengan teman-temannya, tidak lagi mudah tersinggung, bisa menerima kekurangan yang ada pada dirinya. Serta dapat berfikir posif dalam menyelasaikan masalah yang dihadapi. Jadi dapat disimpulkan dengan terapi eksistensial siswa yang rendah diri merasa terbantu. Yaitu siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar dan berteman dan juga dapat membantu perkembangan psikologisnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muallifah, ChusnulUNSPECIFIEDD33208016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhmad, MasyhudiUNSPECIFIED2022065601
Subjects: Penyandang Cacat
Psikologi > Kecemasan
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Terapi eksistensial; siswa rendah diri; cacat tunanetra; SMP Iskandar Said Surabaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2017 05:54
Last Modified: 21 Dec 2023 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17626

Actions (login required)

View Item View Item