فوائد الأفعال الثلاثيةالمزيدة فى كتاب "تيسير الخلاق" لحافظ حسن المسعودي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imam, Mustaqim (2017) فوائد الأفعال الثلاثيةالمزيدة فى كتاب "تيسير الخلاق" لحافظ حسن المسعودي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Kitab Taysirul Al-Khalaq salah satu kitab aklak yang dikarang oleh Abu Hafidz Hasan Mas’udi merupakan seorang ulama mesir yang dilahirkan di Negara Iraq pada tahun 482 dan wafat tahun di kota Fastot Mesir 643 Hijriah. Fi’il Tsulasi Mazid adalah Fi’il yang terdiri atas tiga huruf dan selanjutnya berubah menjadi ruba’i, khumasi dan sudasi. Jika penambahan satu huruf dinamakan Ruba’i atau Biharfin sedangkan penambahan dua huruf dinamakan khumasi atau Biharfaini dan sedangakan penambahan tiga huruf dinamakan tsudasi atau salasatu ahruf. Sehingga dengan penambahan tersebut akan telah terjadi pergeseran makna, fungsi, serta Binaknya dan Faidah-Faidah yang terkandung dalam setiap Fi’il Tsulasi Mazid. Pada pembahasan ini, peneliti menggunakan semua objek kajian dalam ilmu shorof terutama pada Fi’il Tsulasi Mazid sebagai pendekatan dalam membahas “Faidah–Faidah Fi’il Tsulasi Mazid dalam kitab Taysirul Al-Khalaq”. Kitab Taysirul Al-Khalaq merupakan tentang Ilmu Akhlak dari kaidah-kaidah budi pekerti yang mulia untuk mencapai martabat yang tinggi dengan menjahui sifat-sifat yang tercelah atau kurang terpuji. Dalam pembahasan kali ini, peneliti membahas mengenai : 1. Apa macam bentuk Fi’il Mazid yang ada dalam kitab Taysirul Khalaq.? 2. Apa faidah-faidah Fi’il Tsulasi mazid yang ada dalam kitab Taysirul Khalaq.? Metode yang digunakan dalam membahas masalah ini, penulis menggunakan metode kualitatif, yang mana penelitian yang digunakan meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dengan teknik pengumpulan data dengan analisis data secara induktif. Sedangkan tujuan pembahas dalam membahas masalah ini adalah untuk mengetahui “penggunaan macam-macam bentuk Fi’il Tsulasi Mazid dan faidah-faidahnya dalam Kitab Taysirul Khalaq karya Abi Hasan Al-Mas’udiy”. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : ditemukan Fi’il Tsulasi Mazid berjumlah 114, diantaranya Biharfin (بحرف) atau penambahan satu huruf yang berjumlah 61 Fi’il dari berbagai Wazan yaitu : Wazan Fa’ala (فَعَلَ) ditemukan 18 Fi’il dengan 2 Faidah yaitu Mujarad lazim (مجرد اللازم) dan Li at-Taktsir (للتكثير), sedangkan Wazan Af’ala (أَفْعَلَ) ditemukan 43 Fi’il dengan 2 faidah yaitu Li ta’diyah Mujarad lazim (لتعدية مجرد اللازم) dan Ka makna mujarad (كمعنى المجرد), sedangkan Wazan faa’ala (فَاعَلَ) ditemukan 9 fi’il dengan 3 faidah yaitu li ma’na af’ala allati li at-ta’diyah (لمعنى أفعل التي للتعدية) dan li ma’na fa’ala allati li at-taktsir (لمعنى فَعَّلَ) dan li musyarokah bayna itsnaini (لمشاركة بين اثنين), sedangkan Biharfaini (بحرفين) atau penambahan dua huruf yang berjumlah 40 Fi’il dan yang terakir Tsalasatu Ahruf yang berjumlah 13 Fi’il.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imam, Mustaqimmustaqimimam35@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Taqim Imam Mustaqim
Date Deposited: 25 Jul 2017 07:32
Last Modified: 25 Jul 2017 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17717

Actions (login required)

View Item View Item