Edupreneurship sebagai usaha pembentukan karakter kemandirian santri: studi kasus di pondok pesantren al-Urwatul Wutsqo Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khulailiyah, Ahsanatul (2017) Edupreneurship sebagai usaha pembentukan karakter kemandirian santri: studi kasus di pondok pesantren al-Urwatul Wutsqo Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (627kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (614kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (769kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (707kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Pendidikan kewirausahaan (edupreneurship) yang dilaksanakan di pesantren merupakan refleksi atas Firman Allah dalam Surat al-Najm ayat 39 bahwa setiap manusia pasti memperoleh kebaikan dari hasil usaha yang dikerjakannya sendiri. Oleh karena itu, kegiatan edupreneurship ini tidak lain bertujuan untuk mempersiapkan para santri sehingga dapat mandiri baik secara mental maupun material dalam menghadapi hidup setelah lulus dari pesantren. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep edupreneurship di Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo Jombang?; (2) Bagaimana implementasi edupreneurship yang dilaksanakan di Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo Jombang?; (3) Bagaimana karakter mandiri santri di Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo Jombang? Penelitian dalam tesis ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan field research (penelitian lapangan) dan bersifat naturalistik. Adapun jenis penelitian kualitatifnya adalah penelitian studi kasus, yaitu mengeksplorasi masalah dengan batasan terperinci, melalui pengambilan data yang mendalam, dan menyertakan berbagai sumber informasi. Penelitian ini dibatasi oleh waktu, tempat, dan kasus yang dipelajari berupa pelaksanaan konsep edupreneurship sebagai usaha membentuk karakter mandiri pada santri di Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo Jombang. Berdasarkan data yang diperoleh, Pertama, konsep edupreneurship yang dilaksanakan di Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo Jombang pada mulanya berasal dari kewajiban praktik amal shaleh sebagai wadah para santri menyalurkan bakat, keterampilan serta potensinya, yang kemudian menjadi kegiatan wirausaha santri karena hasil yang didapat dari kegiatan tersebut bernilai jual di masyarakat. Kedua, kegiatan edupreneurship yang bergerak di bidang pertanian ketela ungu, perkebunan kelengkeng, dan perikanan ikan lele serta ikan nila ini dilaksanakan oleh masing-masing kelompok santri beserta koordinator yang membawahi sebagai penanggung jawab kegiatan mulai dari awal kegiatan hingga proses penjualan ke tengkulak atau pembeli. Ketiga, karakter mandiri yang ditanamkan pada santri dalam kegiatan wirausaha ini bukan bertujuan agar dapat meningkatkan taraf hidup pribadi, mandiri bagi santri berarti membina mereka untuk mempersiapkan mental dalam menghadapi hidup di segala situasi dan kondisi setelah lulus dari pesantren melalui bekal ilmu pengetahuan serta keterampilan yang telah dipelajari di Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqo Jombang.

Kata kunci: edupreneurship, kemandirian

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khulailiyah, Ahsanatulliliakhulailiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: pendidikan Islam, manajemen
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khulailiyah Ahsanatul
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:08
Last Modified: 25 Jul 2017 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17720

Actions (login required)

View Item View Item