Metode mazhab manhaji Nahdlatul Ulama: studi pandangan aktivis Bahtsul Masail Jawa Timur tentang metode istinbat al-ahkam hasil muktamar ke-33

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuniarto, M. Afif (2017) Metode mazhab manhaji Nahdlatul Ulama: studi pandangan aktivis Bahtsul Masail Jawa Timur tentang metode istinbat al-ahkam hasil muktamar ke-33. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (614kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Tesis berjudul “Metode Mazhab Manhaji> Nahdlatul Ulama (Studi Pandangan Aktivis Bahtsul Masail Jawa Timur tentang Metode Istinba>t al-Ah}ka>m Hasil Muktamar ke-33) ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan historis. Ada dua permasalahan yang dibahas di dalam penelitian ini, yaitu 1) bagaimana rumusan metode istinba>t} al-ah}ka>m Nahdlatul Ulama hasil Muktamar ke-33? dan 2) bagaimana pandangan aktivis Bahtsul Masail Jawa Timur terhadap metode istinba>t} al-ah}ka>m hasil Muktamar ke-33? Data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara kepada subjek penelitian dan penelusuran dokumen terkait, untuk selanjutnya dilakukan penyajian data dan ditindak lanjuti dengan pemetaan, analisis verifikatif dan analisis konstruksi sosial. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode istinba>t} al-ah}ka>m merupakan metode yang dirumuskan guna mempertegas serta menjelaskan bagaimana bermazhab manhaji> dipraktekkan di lingkungan Nahdlatul Ulama. Metode ini dirumuskan pada Muktamar ke-33 tahun 2015. Metode istinba>t} al-ah}ka>m terdiri dari tiga metode, yaitu metode baya>ni>, qiya>si>, dan istis}la>h}i>/maqa>s}idi>. Pengoperasian metode baya>ni> dilakukan dengan 1) mengkaji asba>b al-nuzu>l dan asba>b al-wuru>d baik makro atau mikro, 2) mengkaji teks ayat dan hadis dari perspektif kaidah bahasa melalui analisis kata, makna dan dala>lah yang dilakukan secara simultan, 3) mengaitkan nas}s} yang sedang dikaji dengan nas}s} lain yang berkaitan, 4) mengaitkan nas}s} yang sedang dikaji dengan maqa>s}id al-shari>’ah, dan 5) mentakwil nas}s} bila diperlukan. Metode qiya>si> dilakukan dengan menyamakan kasus yang tidak memiliki acuan nas}s} dengan kasus lain yang memiliki acuan nas}s} dalam hal ketentuan hukumnya, ketika keduanya memiliki ‘illat yang sama. Adapun metode istis}la>h}i>/maqa>s}idi> diterapkan ketika tidak ditemukan nas}s} yang secara tegas mengatur suatu permasalahan. Operasionalisasi metode istis}lah}i/maqa>s}idi> dilakukan dengan mempertimbangkan maqa>s}id al-shari>’ah berdasarkan istih}sa>n, mas}lah}ah mursalah,‘urf, dan tidak menutup kemungkinan digunakan pula istis}h}a>b dan sadd z}ari>’ah. Berkenaan dengan metode istinba>t} al-ah}ka>m ini, terdapat tiga pandangan aktivis Bahtsul Masail Jawa Timur, yaitu pandangan 1) konfrontatif-konservatif, 2) akomodatif-konservatif, dan 3) akomodatif-progresif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuniarto, M. Afifyuniartomuhammadafif@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Dirasah Islamiyah
Perbandingan Madzhab
Pemikiran
Keywords: hukum Islam, NU, mazhab
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: YUNIARTO M. AFIF
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:04
Last Modified: 26 Jul 2017 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17738

Actions (login required)

View Item View Item