حروف الجر ومعانيها في كتاب متن الغاية والتقريب لأبي شجاع

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azmi, Intan Muthia (2017) حروف الجر ومعانيها في كتاب متن الغاية والتقريب لأبي شجاع. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (794kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Dalam tata bahasa Arab, kata (kalimat dalam bahasa Arab) sebagai satuan terkecil bahasa, sebagaimana dalam bahasa yang lain dapat dikelompokkan menjadi tiga macam; pertama isim, fi’il dan huruf. Yang kemudian dapat lebih mudah untuk dipelajari namun, penulis dalam hal ini hanya akan sedikit membahas bagian yang terakhir yang berkaitan dengan huruf khusunya huruf jer.Pembahasan dalam skripsi ini mengkaji tentang Huruf Jer dalam kitab “Matan Ghayah wa at-Taqrib” karya Abu Syuja’, dengan pendekatan ilmu Nahwu. Kitab “Matan Ghayah wa-at Taqrib” adalah salah satu kitab terbaik dalam fiqih Madzhab asy-Syafi’i, baik dari cara pengkajiannya maupun isi kandungannya, sehingga peneliti memilih kitab ini sebagai objek untuk dikaji. Masalah yang dikemukakan dalam rumusan masalah ini meliputi dua hal yaitu; huruf jer apa saja yang terdapat dalam dalam kitab “Matan Ghayah wat-Taqrib” karya Abu Syuja’ dan apa saja makna huruf jer yang terdapat dalam kitab “Matan Ghayah wat-Taqrib” karya Abu Syuja’. Dalam pembahasan skripsi ini peneliti menggunakan ilmu nahwu sebagai pisau analisis dan ilmu kebahasaan sebagai pendekatannya. Peneliti mengambil beberapa teori nahwu dari buku-buku yang mudah dimengerti dalam penjelasannya seperti kitab Jamiud Durus. Adapun tujuan pembahasan ini adalah untuk mengungkap ilmu kebahasan yang terdapat dalam dalam kitab “Matan Ghayah wat-Taqrib” karya Abu Syuja’, sedangkan metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Huruf Jer secara umum yang banyak dikemukakan oleh ahli nahwu berjumlah 20 huruf, sedangkan dalamkitab “Matan Ghayah wat-Taqrib” karya Abu Syuja’ berjumlah 8 huruf yang terdiri dari (الباء، من، إلى، على، الكاف، عن، اللام، في).Adapun kesimpulan dalam penelitian ini bahwa di dalam kitab “Matan Ghayah wat-Taqrib” terdapat 330huruf jer, pertama: huruf jer berbentuk ba’ dengan makna ilshoq, mushohabah, as-sababiyyah wa at-ta’lil, at-ta’diyah, al-isti’anah, adz-dzhorfiyah, at-ta’kid. Harfu min dengan makna al-ibtida’ at-tab’iid, at-ta’kid, adz-dzorfiyah, as-sababiyyah wa at-ta’lil dan makna al-bayan. Harfu ila dengan makna al-intiha’, al-mushohabah. Huruf jer ‘an dengan makna almujawazah wal bu’du, makna min,maknabadal, makna at-ta’lil, dan makna ‘ala.Huruf jer ‘ala dengan makna al-isti’la’, makna min, makna ba’, makna al-lam, makna fi. Huruf jer fi dengan makna adz-dzorfiyah, al-isti’la’, dan makna ba. Huruf jer kaf dengan makna at-tasybih. Huruf jer lam dengan makna al-milku, lamul-ikhtishah, at-ta’lil was-sababiyah, sibhul-miku,maknaila, dan taukid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azmi, Intan Muthiaintan_mutiaazmi@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: huruf jer,matan Ghayah wat-Taqrib
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Azmi Intan Muthia
Date Deposited: 27 Jul 2017 03:30
Last Modified: 27 Jul 2017 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17760

Actions (login required)

View Item View Item