Sistem pembelajaran fullday school dalam pembentukan karakter disiplin salat siswa kelas IV: studi multi kasus di SD Islam Waru dan MI Ma'arif NU Pucang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Nurul (2017) Sistem pembelajaran fullday school dalam pembentukan karakter disiplin salat siswa kelas IV: studi multi kasus di SD Islam Waru dan MI Ma'arif NU Pucang Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (810kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (912kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena untuk mengetahui pembentukan karakter disiplin salat siswa di SDI Raudlatul Jannah Waru dan MI Ma’arif NU (MINU) Pucang Sidoarjo yang memiliki manajemen baik dalam mengelola pendidikan, kedua sekolah ini termasuk sekolah yang unik dan berhasil dalam menerapkan sistem fullday school yang bertujuan untuk mendidik karakter disiplin salat siswa, baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan kontrol keberhasilannya, sehingga 2 sekolah ini banyak membantu orang tua dalam mendisiplinkan salat siswa baik di sekolah maupun di rumah. Ada 3 permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana perencanaan, (2) Bagaimana pelaksanaan dan (3) Bagaimana keberhasilan pembentukan karakter disisplin salat siswa kelas IV dalam sistem fullday school di SDI Raudlatul Jannah waru dan MI Ma’arif NU Pucang Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini dengan pemilihan data kemudian penyajian data dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembentukan karakter disiplin salat siswa di SDI Raudlatul Jannah dengan membentuk tim TPDS, membuat tata tertib pelaksanaan dan jadwal imam salat tertuang dalam SOP, adanya jobdis setiap penanggung jawab, memberikan fasilitas pelaksanaan salat di sekolah, dan buku penghubung sebagai bentuk monitoring wali kelas terhadap salat siswa baik di sekolah maupun di rumah serta pemberian sanksi dengan sistem Pulsa (pengurangan point). Sedangkan di MINU Pucang Sidoarjo perencanaannya dilakukan dengan membuat tim ketertiban salat (ISNUTA), menyiapkan materi salat, membuat prosedur dan jadwal pelaksanaan salat serta jobdis masing-masing pendamping. Proses pelaksanaan pembentukan karakter disiplin salat siswa di SDI Raudlatul Jannah dilakukan dengan kegiatan rutinitas siswa menjalankan salat wajib maupun sunah dan dilakukan adanya pendampingan, pengawasan, dan monitoring terhadap siswa melalui buku penghubung dan kring hallo sebagai bentuk mengingatkan siswa untuk melaksanakan salat tahajud. Sedangkan di MI Ma’rif NU Pucang hampir sama yang membedakan hanya pada waktu pelaksanaan salat dluha yang dilakukan di awal waktu sebelum pembelajaran. adanya monitoring siswa melalui buku agenda dan pemantauan salat tahajud dengan istilah telpon berantai. serta sanksi berupa hafalan al-Qur’an dan qadlo salat. Keberhasilan kedua lembaga tersebut dalam pembentukan karakter disiplin salat siswa sangat signifikan dan dapat dikatakan sukses, karena siswa dari kedua lembaga tersebut pelaksanaan salat wajib maupun sunahnya sangat disiplin baik disekolah maupun di rumah, bahkan ketika siswa berada dirumah mendengar adzan berkumandang ia langsung bergegas untuk salat dan mengajak orang tuanya untuk segera melaksanakan salat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Nurulnurulhuda_0201@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Sistem pembelajaran; fullday school; karakter disiplin salat
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Huda Nurul
Date Deposited: 04 Aug 2017 02:23
Last Modified: 24 Oct 2017 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18071

Actions (login required)

View Item View Item