Strategi pengelola warga belajar program kejar paket B dalam mengaktifkan kegiatan pembelajaran di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Budi Utama Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Fitria Siska (2012) Strategi pengelola warga belajar program kejar paket B dalam mengaktifkan kegiatan pembelajaran di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Budi Utama Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (851kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (885kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian skripsi yang berjudul Strategi Pengelola Warga Belajar Program Kejar Paket B Dalam Mengaktitkan Kegiatan Pembelajaran di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Budi Utama Surabaya ini terdapat 3 pembahasan, yaitu : 1) Bagaimana keaktifan warga belajar program kejar paket B di PK.BM Budi Utama Surabaya?, 2) Bagaimana strategi pengelola warga belajar program kejar paket B dalam mengaktifkan kegiatan pembelajaran di PK.BM Budi Utama Surabaya?, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pengelola warga belajar program kejar paket B dalam mengaktitkan kegiatan pembelajaran di PK.BM Budi Utama Surabaya?. Metode yang digunakan sebagai analisa dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Observasi dengan cara mengamati kemudian melakukan pencatatan terhadap obyek yang diteliti. Interview penelitian ini melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan permasalahan peneliti yaitu Kepala Sekolah dan tutor program paket B. Kemudian penyajian data yang diperoleh dari lapangan akan membentuk sebuah jawaban dari rumusan masalah yang dapat dengan mudah dipahami dan selanjutnya di analisis dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa pengelola warga belajar telah melakukan tugasnya sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai seorang manajer. Tennasuk dalam ikut serta mengaktifkan kegiatan pembelajaran pada program kejar paket B. Keaktifan warga belajar semakin lama semakin membaik. Dengan artian, strategi­ strategi untulc lebih mengaktifkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh tutor dan manajer terus dilakukan secara kontinyu. Strategi yang diterapkan yaitu berupa motivasi yang diberikan kepada warga belajar dan adanya pelatihan-pelatihan yang bekerja sama dengan instansi lain. Strategi Pengelola Warga Belajar Program Kejar Paket B Dalam Mengaktifkan Kegiatan Pembelajaran di PKBM Budi Utama berjalan dengan sangat baik yang tentunya dengan adanya kerjasama antara manajer dan tutor program kejar paket B di PK.BM Budi Utama Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Fitria SiskaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Masyarakat
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: strategi pengelola; belajar; program kejar paket B; kegiatan pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Aug 2017 05:58
Last Modified: 03 Aug 2017 05:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18180

Actions (login required)

View Item View Item