Peran kepala sekolah dalam meningkatkan pengelolaan ekstra kurikuler di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asyari Sukodono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlia, Silvi Umrotul (2011) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan pengelolaan ekstra kurikuler di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asyari Sukodono. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvi Umrotul Fadlia D33206009 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kepala Sekolah adalah salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kwalitas pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah mewujudkan VIS! dan MISI tujuan dan sasaran sekolahnya, melalui program-program yang di laksanakan secara terencana clan bertahap. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan pengelolaan Ekstra Kurikuler harus di dasari dengan perencanaan yang terarah agar pengelolaan Ekstra Kurikuler dapat mencapai tujuan yang di inginkan oleh sekolah tersebut. Untuk mengetahui beberapa pennasalahan yang terdapat dalam penelitian, maka dirumuskan beberapa pennasalahan antara lain: (1) Bagaimana proses pengelolaan Ekstra Kurikuler di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy'ari Sukodono? 2. Bagaimana peran yang di lakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan Pengelolaan Ekstra Kurikuler di Madrasah Tsanawiyah hasyim Asy'ari Sukoddono? 3. Bagaimana Faktor pendukung dan Penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan pengelolaan Ekstra Kurikuler di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy'ari sukodono? Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk analisanya menggunakan tekhnik analisis diskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditunjukan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, pristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok dengan menggunakan langkah­ langkah reduksi data, display data serta verifikasi dan simpulan. Dari basil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Proses pengelolaan Ekstra Kurikuler di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Ay'ari Sukodono adalah melakukan perencanaan, membentuk pengorganisasian, melakukan pelaksanaan, melakukan pengevaluasian. clan peran kepala sekolah dalam meningkatkan pengelolaan Ekstra Kurikuler di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy'ari Sukodono seperti membentuk kordinator Ekstra Kurikuler, meminta setiap kordinator untuk menyusun program kerja, memantau pelaksanaanya. Faktor-faktor penghambat clan pendukung dalam pengelolaan Ekstra Kurikuler di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy'ari Sukodono adalah faktor penghambat yaitu: kurang minatnya siswa dalam kegiatan Ekstra Kurikuler keagamaan dan faktor dana. Dan faktor pendukung yaitu: guru yang mempunyai kedisiplinan clan keteladanan yang tinggi, sarana prasarana yang sangat memadai dalam melaksanakan kegiatan Ektra Kurikuler.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlia, Silvi UmrotulUNSPECIFIEDD33206009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishah AMUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Keywords: Peran kepala sekolah; pengelolaan kegiatan ekstra kurikuler
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Aug 2017 06:11
Last Modified: 03 Aug 2023 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18184

Actions (login required)

View Item View Item