Efektifitas penggunaan metode Jigsaw Learning dalam peningkatan hasil belajar Fiqih pada Kelas VIII MTs Tahsinul Akhlak Bahrul Ulum Rangkah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munjiyah, Munjiyah (2012) Efektifitas penggunaan metode Jigsaw Learning dalam peningkatan hasil belajar Fiqih pada Kelas VIII MTs Tahsinul Akhlak Bahrul Ulum Rangkah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Munjiyah D51208027 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, salah satu faktor yang sangat mendukung keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan guru dalam menguasai dan menerapkan metode pembelajaran. Guru dituntut untulc menguasai macam-macam metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa. Dengan metode belajar aktif, siswa akan mampu memecahkan masalahnya sendiri, yang paling penting melakukan tugasnya sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki. Salah satu altematif yang dapat dilakukan oleh guru lebih mengaktifkan belajar siswa di kelas yaitu dengan menggunakan metode Jigsaw Leaming. Strategi ini dapat diterapkan pada pembelajaran untulc mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan. Berclasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik mengangkat masalah tersebut, guna mengetahui adakah efektifitas penggunaan metode jigsaw learning dalam peningkatan basil belajar fiqih yang ada di kelas VIII MTs TAHSINUL AKHLAK BAHRUL ULUM RANGKAH SURABAYA Adapun masalah yang dikaji adalah bagaimana pengunaan metode jigsaw dalam bidang studi fiqih serta bagaimana basil belajar fiqih sebelum dan setelah menggunakan metode jigsaw learning di MTs TAHSINUL AKHLAK BAHRUL ULUM RANGKAH SURABAYA. Sebagai populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs TAHSINUL AKHLAK BAHRUL ULUM RANGKAH SURABAYA sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu data yang dikumpulkan berasal dari naskah wawancara, angket, catatan lapangan, dokumen pribadi clan dokumen lainnya. Data yang terkumpul penulis analisis dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Jigsaw Learning pada pembelajaran fiqih di MTs Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Rangkah Surabaya sudah cukup efektif Metode ini sangat membantu guru fiqih karena dapat melibatkan siswa secara aktif dan dapat meningkatkan kerjasama siswa. Penerapan metode ini didukung oleh beberapa sarana yang cukup lengkap yang disediakan di MTs Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Rangkah Surabaya. Dan ada beberapa penghambat yang dihadapi oleh guru-guru khususnya guru fiqih yaitu kurangnya waktu dan banyaknya siswa dalam satu kelas. Akan tetapi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, seorang guru hams memiliki keterampilan sendiri. Berclasarkan penelitian ini, dapat disarankan perlu adanya pelatihan­ pelatihan Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk guru agar penerapan metode belajar aktif lebih efektif lagi sesuai dengan yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munjiyah, MunjiyahUNSPECIFIEDD51208027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Jigsaw Learning; hasil belajar Fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Aug 2017 04:07
Last Modified: 03 Aug 2023 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18262

Actions (login required)

View Item View Item