Analisis semiotik siswa dalam pemecahan masalah program linier dibedakan dari kemampuan bahasa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyowati, Suci Yongki (2017) Analisis semiotik siswa dalam pemecahan masalah program linier dibedakan dari kemampuan bahasa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (503kB)

Abstract

Semiotik memegang peranan penting dalam mendukung kesuksesan memecahkan masalah matematika. Dalam matematika segala sesuatu yang berkaitan dengan tanda, simbol dan relasi antara simbol-simbol disebut semiotik. Dalam penelitian ini semiotik berarti kemampuan dalam produksi tanda yang meliputi proses simbolisasi, proses pengkodean dan proses pemaknaan sebagai bagian dari sistem kode untuk mengomunikasikan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara terperinci mengenai kemampuan semiotik siswa dalam pemecahan masalah program linier yang dibedakan dari kemampuan bahasa.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa, masingmasing 2 siswa yang memiliki kemampuan bahasa tinggi, 2 siswa yang memiliki kemampuan bahasa sedang dan 2 siswa yang memiliki kemampuan bahasa rendah. Pemilihan subjek tersebut dilakukan dengan melakukan pemberian tes kemampuan bahasa. Untuk memperoleh data penelitian, keenam subjek diberikan Tes Pemecahan Masalah Program Linier kemudian subjek diwawancarai untuk menggungkap semiotik siswa dalam pemecahan masalah program linier yang mencakup proses simbolisasi, pengkodean dan pemaknaan. Peneliti menguji kredibilitas dan kevalidan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan bahasa tinggi mampu melakukan ketiga proses tersebut. Sehingga informasi yang disampaikan dari hasil pemecahan masalah menjadi sebuah informasi yang bermakna. Siswa dengan kemampuan bahasa sedang kesulitan pada proses simbolisasi dan pemaknaan. Akibatnya informasi yang disampaikan belum lengkap. Sedangkan siswa dengan kemampuan bahasa rendah kesulitan dalam ketiga proses tersebut. Sehingga siswa belum mampu untuk menyampaikan informasi dari hasil pekerjaannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyowati, Suci Yongkisuciyongki@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Semiotik; pemecahan masalah; kemampuan bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Setyowati Suci Yongki
Date Deposited: 09 Aug 2017 03:44
Last Modified: 09 Aug 2017 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18457

Actions (login required)

View Item View Item