Pengembangan pembelajaran matematika menggunakan metode kumon dalam model pembelajaran learning cycle 3E pada materi persamaan kuadrat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifullah, Moch. (2017) Pengembangan pembelajaran matematika menggunakan metode kumon dalam model pembelajaran learning cycle 3E pada materi persamaan kuadrat. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Dilatarbelakangi oleh kurangnya waktu belajar untuk kelas VIII B, yaitu 2x35 menit, kurangnya siswa memperoleh pengetahuan konstruktivisnya sehingga siswa mudah melupakan pelajaran yang telah diberikan. Metode Kumon dalam model pembelajaran Learning Cycle 3e berpedoman pada konstruktivis siswa dan prakteknya tidak memerlukan waktu yang lama, sehingga pengembangan pembelajaran dengan metode Kumon dalam model pembelajaran Learning Cycle 3e perlu dilakukan. Pengembangan penelitian ini mengacu pada model pengembangan Plomp yang dilakukan hanya sampai fase keempat. Pengembangan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII B MTs. Nurul Hikmah Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi, dan angket. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 4 dalam artian valid; kevalidan LKS sebesar 4,1 dalam artian sangat valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran lebih besar daripada persentase yang tidak mendukung kegiatan pembelajaran, keterlaksanaan sintaks pembelajaran 78%, rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 2,8 yang berarti baik, dan respon positif siswa terhadap pembelajaran sebesar 93,89%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifullah, Moch.mukhammads27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Metode Kumon; Learning Cycle 3e; Konstruktivis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syaifullah moch.
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:29
Last Modified: 08 Aug 2017 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18482

Actions (login required)

View Item View Item