Implementasi hadis tentang qaza' dalam kitab Tuhfah al-Mawdud bi Ahkam al-Mawlud karya Ibn Qayyim w. 751 H : Analisis hadis tentang mencukur rambut yang dilarang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamsyah, Ahmad Nasrul (2017) Implementasi hadis tentang qaza' dalam kitab Tuhfah al-Mawdud bi Ahkam al-Mawlud karya Ibn Qayyim w. 751 H : Analisis hadis tentang mencukur rambut yang dilarang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (544kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (751kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Ahmad Nasrul Hamsyah. Implementasi Hadis tentang Qaza‘ dalam Kitab Tuhfah al-Mawdud bi Ahkam al-Mawlud karya ibn Qayyim (W. 751 H.), (Analisis hadis tentang mencukur rambut yang dilarang) Skripsi Jurusan Alquran dan Hadis Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini secara garis besar ada dua permasalahan, yaitu: bagaimana kualitas hadis tentang qaza dalam kitab Tuh}fah al-Mawdud bi Ah}kam al-Mawlud? dan bagaimana karakteristik dan implementasi hadis tentang qaza dalam kitab Tuh}fah al-Mawdud bi Ah}kam al-Mawlud? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas hadis tentang qaza‘, dalam hal ini yang terdapat dalam kitab Tuh}fah al-Mawdu>d bi Ah}kam al-Mawlud karya ibn Qayyim dan untuk memahami implementasi hadis tentang qaza’, sebagai tanggapan atas karakteristik qaza‘ menurut ibn Qayyim. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research), artinya, dalam menjawab permasalahan yang ada pada penelitian ini dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari kitab Tuh}fah al-Mawdud bi Ah}kam al-Mawlud karya ibn Qayyim, juga dari kitab-kitab hadis standar seperti dalam kutub al-sittah, kitab sharah dan buku buku sejarah sebagai sumber pendukung. Kemudian dilakukan takhrij terhadap hadis tentang qaza‘,meneliti sanad dan matan hadis tersebut untuk mengetahui kualitasnya, serta mencari implementasi hadis tersebut dengan mengacu pada karakteristik qaza‘ menurut ibn Qayyim dalam kitab Tuh}fah al-Mawdud bi Ahkam al-Mawlud Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas hadis tentang qaza‘ yang terdapat dalam kitab Tuhfah al-Mawdud bi Ah}kam al-Mawlud, ibn Qayyim mengutip riwayat al-Bukhari dan Muslim, kedua riwayat tersebut berkualitas sahih lidhatihi sehingga dapat dijadikan hujjah. Untuk implementasi hadis tentang qaza‘ tidak ditemukan praktik qaza’ yang dibudayakan orang Islam, karena kebanyakan mereka mencukur rapi sesuai dengan kaidah Islam. Tetapi terbukti dengan beberapa sejarah yang menjelaskan hubungan sosial budaya seperti yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi, Kristen, orang Tiongkok, bahkan masyarakat modern telah memopulerkan salah satu bentuk qaza‘ yaitu model cukuran mohawk yang pertama kali dibudayakan oleh suku Mohican, dari semua sejarah yang diungkap sebagai kritik atas karakteristik qaza‘ menurut ibn Qayyim karena ibn Qayyim tidak jelas dalam penyebutan subyeknya. Selain sebagai kritik, bahwa seluruh kesesuaian sejarah dalam penelitian ini sebagai bukti implementasi hadis tentang qaza‘ yang menjadi penguat atas pendapat ibn Qayyim tentang karakteristik qaza‘.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamsyah, Ahmad Nasrulahmadnasrulhamsyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Keywords: Qaza‘; cukur; mohawk
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hamsyah Ahmad Nasrul
Date Deposited: 08 Aug 2017 06:44
Last Modified: 08 Aug 2017 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18492

Actions (login required)

View Item View Item