Peningkatan hasil belajar IPA materi kenampakan permukaan bumi menggunakan strategi Snowball Throwing pada kelas III MI Nurul Huda Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rodhiyah, Mira (2017) Peningkatan hasil belajar IPA materi kenampakan permukaan bumi menggunakan strategi Snowball Throwing pada kelas III MI Nurul Huda Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (577kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (473kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian berawal dari munculnya masalah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengalami kesulitan terhadap hasil belajar materi kenampakan permukaan bumi belum mencapai KKM pada siswa kelas III. Oleh karena itu, guru harus bisa memilih strategi pembelajaran yang tepat sehingga hasil belajar IPA memenuhi KKM. Maka dari itu, Snowball Throwing merupakan jawaban terhadap masalah pembelajaran IPA yang berada di MI Nurul Huda Driyorejo Gresik. Rumusan masalah penelitian adalah (1) Bagaimana penerapan strategi Snowball Throwing dalam meningkatkan pembelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi siswa kelas III MI Nurul Huda Gresik (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi kenampakan permukaan bumi setelah menggunakan strategi Snowball Throwing siswa kelas III MI Nurul Huda Driyorejo Gresik.Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Action Research yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Nurul Huda Driyorejo Gresik dengan jumlah peserta 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam mengambil data penelitian adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Kemudian hasil data dianalisis sesuai dengan rumus prosentase KKM. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan kegiatan pembelajaran saat menggunakan strategi Snowball Throwing meningkat. Berdasarkan hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh nilai akhir sebesar 71,77, sedangkan pada hasil observasi siswa nilai yang dicapai sebesar 64,77. Pada siklus II hasil observasi guru mencapai nilai akhir 90,32 dan hasil observasi siswa mencapai 86. (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan stategi Snowball Throwing pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai 61,53% sedangkan pada siklus II mencapai 88,4% sehingga terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 27%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rodhiyah, Miramira.dyaa05@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Peningkatan hasil belajar; strategi Snowball Throwing; kenampakan permukaan bumi; IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rodhiyah Mira
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:59
Last Modified: 08 Aug 2017 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18629

Actions (login required)

View Item View Item