Implementasi akad qard dan murabahah pada take over pembiayaan mikro tahun 2017 di bank rakyat Indonesia syariah kantor cabang pembantu sepanjang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Nur (2017) Implementasi akad qard dan murabahah pada take over pembiayaan mikro tahun 2017 di bank rakyat Indonesia syariah kantor cabang pembantu sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (703kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (614kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan account officer mikro, unit head, dan pimpinan cabang pembantu serta didukung dengan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian yang diperoleh adalah mekanisme take over pada pembiayaan mikro tahun 2017 di BRI Syariah KCP Sepanjang Sidoarjo yaitu dengan menggunakan qard} dan mura>bah}ah yang merupakan alternatif pertama dari empat alternatif yang ada dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 31/DSN-MUI/VI/2002 tentang Pengalihan Hutang. Secara teknis, dalam mekanisme take over pembiayaan ini tidak ditemukan adanya kendala, namun secara lapangan ada beberapa kendala yang dihadapi oleh BRI Syariah KCP Sepanjang Sidoarjo yaitu kebijakan dari bank sebelumnya. Adapun faktor yang menyebabkan take over pembiayaan mikro adalah faktor internal dan eksternal. Sedangkan usaha BRI Syariah KCP Sepanjang Sidoarjo untuk menarik minat nasabah dalam menggunakan produk take over pembiayaan adalah dengan personal selling.Sedangkan implementasi akad qard} dan mura>bah}ah pada take over pembiayaan mikro tahun 2017 di BRI Syariah KCP Sepanjang Sidoarjo dapat dipahami bahwa implementasi akad qard} dalam produk take over pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Sepanjang Sidoarjo berupa pinjaman yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang memiliki hutang di bank konvensional dan ingin mengalihkan hutangnya ke BRI Syariah KCP Sepanjang Sidoarjo. Pinjaman tersebut digunakan untuk melunasi sisa hutang nasabah di bank konvensional, sebelum dialihkan ke BRI Syariah KCP Sepanjang Sidoarjo. Sedangkan implementasi akad mura>bah}ah dalam produk take over pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Sepanjang Sidoarjo berupa pemberian dana dan kuasa kepada nasabah untuk membeli suatu barang (modal kerja atau barang investasi) sesuai dengan keinginannya, kemudian nasabah tersebut menyerahkan bukti pembelian kepada bank, selanjutnya bank menjual kembali barang tersebut kepada nasabah sesuai harga beli ditambah margin yang telah disepakati.Dalam pelaksanaan take over pembiayaan mikro tahun 2017 di BRI Syariah KCP Sepanjang Sidoarjo, diharapkan b agi BRI Syariah KCP Sepanjang Sidoarjo dapat terus melakukan sosialisasi dan promosi yang berlandaskan prinsip syariah kepada masyarakat secara berkesinambungan seperti melalui iklan, brosur, open table di tempat-tempat yang strategis, personal selling dan sebagainya. Agar masyarakat dapat lebih mengenal dan tertarik dengan produk take over pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Sepanjang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Nurhamidahekonomi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Akad qard; murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hamidah Nur
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:04
Last Modified: 08 Aug 2017 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18648

Actions (login required)

View Item View Item