Penerapan metode sorogan dipadu dengan team teaching pada model pembelajaran langsung sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Lestari (2017) Penerapan metode sorogan dipadu dengan team teaching pada model pembelajaran langsung sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (428kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (449kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (578kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (603kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (557kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (374kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran, bagaimana respon guru dan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran, bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran, apa saja kendala yang dialami saat pelaksanaan pembelajaran, dan upaya untuk mengatasi kendala saat pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode sorogan yang dipadu dengan team teaching pada model pembelajaran langsung sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika.Untuk menjawab pertanyaan diatas peneliti membuat perangkat pembelajaran berupa RPP beserta LKS yang disesuakan dengan materi yang disepakati yaitu sub bab aturan sinus dan cosinus. Adapun instrumen pada penelitian ini adalah: (1) Lembar observasi kemampuan guru dalam pelaksanaan perencanaan pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam pelaksanaan perencanaan pembelajaran dengan mengacu pada RPP yang telah dibuat dan disepakati, (2) Lembar angket respon guru dan siswa untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran, (3) Lembar tes ketuntasan hasil belajar siswa untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran, dan (4) Pedoman wawancara kepada guru dan siswa yang digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami saat pelaksanaan pembelajaran serta upaya yang ditawarkan sebagai solusi mengatasi kendala yang dialami saat pelaksanaan pembelajaran menggunkan metode sorogan dipadu dengan team teaching pada model pembelajaran langsung.Kesimpulan dari rangkaian kegiatan diatas diperoleh dengan data yang telah dikumpulkan peneliti yaitu: (1) Kemampuan guru dalam pelaksanaan perencanaan pembelajaran secara umum masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata yang diperoleh yaitu 3,675; (2) respon guru dan siswa setelah mengikuti pembelajaran dikategorikan baik dengan mendapatkan persentase rata-rata masing-masing adalah 71,112% dan 78,223%; (3) ketuntasan hasil belajar siswa dikategorikan tuntas dengan presentase klasikal 76,67%; (4) ada 3 kendala yang dialami yaitu: (a) pengondisian siswa saat pelaksanaan metode sorogan, (b) pembagian waktu saat metode sorogan, dan (c) terbatasnya waktu dalam pelaksanaan metode sorogan, dan (5) upaya yang ditawarkan adalah: (a) memberikan tugas kepada siswa sembari menunggu giliran maju, (b) mendahuluan siswa yang dirasa kemampuan pemahamannya kurang dan menyesuaikan waktu untuk masing-masing siswa, dan (c) membagi 30 siswa dalam dua kelompok, dimana kelompok pertama (15 siswa) menngikuti metode sorogan pada pertemuan pertama dan kelompok kedua (15 siswa) pada pertemuan kedua.Kata Kunci: Metode Sorogan, Metode Team Teaching, Model Pembelajaran Langsung

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Lestarilestariningsih73@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Metode Sorogan; Metode Team Teaching; model pembelajaran langsung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ningsih Lestari
Date Deposited: 09 Aug 2017 03:24
Last Modified: 09 Aug 2017 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item View Item