Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencurian Kotak Amal Masjid : dalam Putusan Pengadialan Negeri Klaten Nomor: 54/Pid.B/2013/PN.Klt

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ratnasari, Diyah (2017) Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencurian Kotak Amal Masjid : dalam Putusan Pengadialan Negeri Klaten Nomor: 54/Pid.B/2013/PN.Klt. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Diyah Ratnasari_C03213016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap Pelaku Pencurian Kotak Amal (Dalam Putusan Pengadilan Negeri Klaten Nomor.54/Pid.B/2013/PN.Klt) merupakan hasil penelitian pustaka yang bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut: yang pertama, Bagaiman dasar hakim dalam memutuskan sanksi terhadap pelaku tindak pidana pencurian kotak amal masjid (Dalam Putusan Pengadilan Negeri Klaten Nomor.54/Pid.B/2013/PN.Klt)?kedua Bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap pelaku tindak pidana pencurian kotak amal masjid (Dalam Putusan Pengadilan Negeri Klaten Nomor.54/Pid.B/ 2013/PN.Klt)/?.Data penelitian dihimpun melalui dokumentasi dan pustaka kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif.Proses penelitian menemukan bahwa yang pertama Pertimbangan hakim terhadap pelaku tindak pidana pencurian kotak amal masjid dalam perkara nomor 54/Pid.B/2013/PN.Klt. Oleh terdakwa Arif Priyo Hutomo bin Subronto hakim menjerat terdakwa dengan pasal 362. Dari pertimbangan hal yang memberatkan dan meringankan tersebut Hakim menjatuhkan hukuman lima bulan kepada terdakwa lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yaitu delapan bulan.Tinjauan hukum pidana Islam terhadap tindak pidana pencurian kotak amal yang dilakukan oleh terdakwa Priyo Hutomo bin Subronto, dalam putusan Nomor. 54/Pid.B/2013/PN.Klt. Telah sesuai dengan konsep takzir dalam hal ini dikarenakan tindakan pencurian tersebut tidak memenuhi rukun sariqah pada nisab pencuriannya. Sehingga hukuman potong tangan tidak dapat diterapkan. Dalam kasus ini hukumannya termasuk takzir yang berkaitan dengan kemerdakaan yaitu hukuman penjara, adapun hukuman takzir diserahkan kepada ulil amri hal ini ulil amri atau hakim berpegang sesuai pada peraturan yang berlaku.Penelitian skripsi ini memiliki 2 kesimpulan yang pertama hakim menjatuhkan sanksi pada terdakwa 5 bulan penjara yang kedua di dalam hukum pidana Islam terdakwa termasuk jarimah takzir. Selain itu skripsi ini memberikan saran yang ditujukan pada Kepada para hakim hendaknya dapat memutuskan perkara dengan seadil-adilnya berdasarkan undang-undang yang berlaku.Kepada penjaga masjid hendaknya menjaga keamanan masjid khususnya kotak amal agar tidak dicuri.Kepada kaum muslimin hendaknya menghindari tindak pidana pencurian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ratnasari, Diyahdiyahratnasari98@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Hukum Pidana Islam; Pencurian; Kotak Amal Masjid
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ratnasari Diyah
Date Deposited: 09 Aug 2017 02:35
Last Modified: 26 Feb 2019 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18811

Actions (login required)

View Item View Item