Peran produk pembiayaan mikro dalam mengembangkan UMKM sektor riil di Kabupaten Sidoarjo tahun 2013-2015: studi kasus BNI Syariah Cabang Mikro Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrulloh, Arif (2017) Peran produk pembiayaan mikro dalam mengembangkan UMKM sektor riil di Kabupaten Sidoarjo tahun 2013-2015: studi kasus BNI Syariah Cabang Mikro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (681kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (638kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (795kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (735kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (590kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi produk pembiayaan mikro dalam mengembangkan UMKM Sektor Riil di kabupaten Sidoarjo Tahun 2013-2015 (STUDI KASUS BNI SYARIAH CABANG MIKRO SIDOARJO) dan bagaimana analisis peran produk pembiayaan mikro dalam mengembangkan UMKM Sektor Riil di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2013-2015 (STUDI KASUS BNI SYARIAH CABANG MIKRO SIDOARJO). Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara dengan informan kunci dan dokumentasi, dalam hal ini pengambilan data diperoleh melalui website BNI Syariah (http://www.bnisyariah.co.id/), dan arsip-arsip yang ada di bank BNI Syariah sidoarjo dan BNI Syariah Cabang Mikro Sidoarjo. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Pembiayaan Mikro dengan menggunakan akad mura>bahah di BNI Syariah Cabang Mikro Sidoarjo merupakan akad jual beli dimana BNI Syariah Cabang Mikro Sidoarjo menyebut jumlah keuntungannya ketika bertransaksi dengan nasabah, disisi lain BNI Syariah Cabang Mikro Sidoarjo bertindak sebagai penjual dan nasabah sebagai pembeli dan harga jual adalah harga beli dari pemasok ditambah dengan biaya bank ditambah dengan margin keuntungan (cost plus profit). Dan Peran Pembiayaan Mikro di BNI Syariah Cabang Mikro Sidoarjo dalam mengembangkan UMKM di Kabupaten Sidoarjo dapat terlihat dari peningkatan kegiatan yang dilakukan oleh nasabah. Pada awal usahanya kekurangan modal hingga sampai saat ini usahanya memperoleh pendapatan yang lebih apabila dibandingkan dengan perolehan sebelum pembiayaan cukup jauh dengan kenaikan paling rendah Rp. 700.000 dan paling tinggi Rp. 11.000.000. untuk mendapatkan pendapatan yang lebih baik itu semua dapat terlihat dari seberapa besar nasabah memperoleh pembiayaan serta dapat memanfaatkan dengan baik. Dari hasil penelitian di atas saran yang dapat diberikan adalah BNI Syariah Cabang Mikro Sidoarjo harus lebih selektif dalam merealisasikan pembiayaan mikro untuk menghindari nasabah yang tidak jujur dan dapat menimbulkan pembiayaan yang macet dan lebih baik jika lebih menyederhanakan ketentuan jaminan ketika memperoleh pembiayaan agar persyaratan tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan memberikan kemudahan untuk semua lapisan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrulloh, Arifarifamrulloh16@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Produk pembiayaan mikro; UMKM sektor riil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Amrulloh Arif
Date Deposited: 09 Aug 2017 01:42
Last Modified: 09 Aug 2017 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18840

Actions (login required)

View Item View Item