Peranan BI checking dalam membangun kehati-hatian pembiayaan di BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Cita Suci (2017) Peranan BI checking dalam membangun kehati-hatian pembiayaan di BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (609kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (523kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (822kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peranan BI checking dalam Membangun Kehati-Hatian Pembiayaan di BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo” ini bertujuan untuk menjawab masalah-masalah tentang: (1) Bagaimana mekanisme BI checking dalam pemberian pembiayaan di BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. (2) Bagaimana peranan BI checking dalam pelaksanaan membangun kehati-hatian pembiayaan di BRI Syariah Cabang Sidoarjo.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data penelitian yang terhimpun dari observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi serta didukung dengan literatur-literatur yang relevan, dengan menggunakan teknik deskriptif analisis.Hasil penelitian ini ditemukan bahwa BI checking merupakan salah satu penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengucuran pembiayaan yang dilakukan oleh BRI Syariah Cabang Sidoarjo dan mempunyai peranan sebagai filter utama dan pertama untuk mencegah pembiayaan bermasalah, dalam mekanisme BI checking menggunakan KTP nasabah sebagai instrumenya. Hasil print out dari BI checking menjadi acuan BRI Syariah Sidoarjo untuk melanjutkan analisa ketahap selanjutnya atau tidak, karena di dalam BI checking sudah terlihat karakter nasabah yang bisa dilihat melalui kolektabilitas pembiayaan. BRI Syariah Cabang Sidoarjo hanya akan menerima nasabah dengan kategori kolektabilitas satu atau yang dikatakan lancar. BI checking memiliki peranan utama yaitu sebagai alat analisa dalam menerapkan prinsip kehati-hatian pembiayaan, apabila kualitas data BI checking tidak baik, maka proses analisa selanjutnya tidak akan dilanjutkan dan otomatis pembiayaan akan ditolak. Tidak dipungkiri juga dalam analisa BI checking masih terdapat kekurangan yaitu menyetujui nasabah yang sudah mempunyai bebrapa pembiayaan baik di bank lain maupun di BRI Syariah Cabang Sidoarjo sendiri. Hal tersebut mengakibatkan masalah dikemudian hari yaitu pembiayaan bermasalah, meskipun secara capacity nasabah mampu untuk membayar kewajibanya tetapi BRIS Cabang Sidoarjo hendaknya memerhatikan motif berjaga-jaga dan tidak membebani nasabah diluar kemampuanya. Motif berjaga-jaga perlu dilakukan untuk mempersiapkan kebutuhan yang tidak terduga.Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan BI checking mempunyai dampak yang sangat penting dalam pengucuran pembiayaan di BRI Syariah Cabang Sidoarjo untuk mencegah adanya pembiayaan bermasalah. Untuk itu hendaknya pihak-pihak yang berkepentingan dalam hal ini lebih cermat dan teliti dalam menganalisis BI checking tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Cita Sucicitasuci5@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pembiayaan; BI Checking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: islamiyah Cita suci
Date Deposited: 09 Aug 2017 03:30
Last Modified: 09 Aug 2017 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18855

Actions (login required)

View Item View Item