Analisis hukum Islam terhadap agunan kartu Jamsostek (jaminan sosial tenaga kerja) pada pembiayaan murabahah di UJKS (unit jasa keuangan syariah) KSU (koperasi serba usaha) JAMMAS Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Aprillia (2017) Analisis hukum Islam terhadap agunan kartu Jamsostek (jaminan sosial tenaga kerja) pada pembiayaan murabahah di UJKS (unit jasa keuangan syariah) KSU (koperasi serba usaha) JAMMAS Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (884kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (679kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian yang akan menjawab pertanyaan, 1) Bagaimana mekanisme penggunaan kartu jamsostek sebagai agunan dalam pembiayaan Murabahah di UJKS (Unit Jasa Keuangan Syariah) KSU (Koperasi Serba Usaha) Jammas Surabaya ?, dan 2) Bagaimana analisis Hukum Islam terhadap agunan kartu Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) pada pembiayaan Murabahah di UJKS (Unit Jasa Keuangan Syariah) KSU (Koperasi Serba Usaha) Jammas Surabaya ? Penelitian ini adalah penelitan lapangan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu data yang berupa informasi, uraian dalam bentuk prosa kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendapatkan kejelasan data yang diperoleh tentang Agunan Kartu Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) Pada Pembiayaan Murabahah. Kemudian dianalisis dengan pola pikir deduktif, yakni mengemukakan teori-teori Hukum Islam tentang jaminan (agunan) dalam pembiayaan Murabahah yang bersifat umum kemudian ditarik kesimpulan untuk mendapat data yang bersifat khusus tentang jaminan (agunan) kartu Jamsostek pada pembiayaan Murabahah. Data hasil penelitian dilapangan penggunaan kartu jamsostek sebagai agunan pada UJKS KSU Jammas Surabaya, tidak bisa dijadikan jaminan karena tidak dapat diperjualbelikan dan dilelang, maka dari itu pihak bank atau koperasi banyak mensyaratkan pemberian pembiayaan salah satunya KK asli, buku nikah asli, serta atm (potong gaji) dan buku tabungan asli. Semua itu dilakukan sebagai prinsip kehati- hatian dalam menyalurkan dana kepada pihak ketiga dan Dalam hukum Islam jaminan kartu Jamsostek pada pembiayaan Murabahah, boleh dijadikan jaminan dalam pembiayaan Murabahah, atas dasar putusan fatwa DSN No.04/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan Murabahah dan al Qur’an al- Baqarah ayat 283 yang menjelaskan bahwa dalam melakukan transaksi harus ada perjanjian yang mengikat antara kedua belah pihak dengan mencatat utang, dan agar yang berutang serius untuk melunasi utang-utangnya. Pada akhir penulisan skripsi ini, penulis menyarankan untuk koperasi syariah dalam penerapan agunan kartu Jamsostek pada pembiayaan Murabahah diperbolehkan asal tidak ada yang merasa dirugikan. Tetapi koperasi syariah saat ini memang harus sangat selektif dalam menerapkan praktek agunan bagi para nasabahnya, agar tidak terjadi resiko.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Aprilliaaziaprillia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Murabahah
Keywords: Agunan kartu Jamsostek; UJKS; JAMMAS
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aziz Aprillia
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:33
Last Modified: 09 Aug 2017 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18873

Actions (login required)

View Item View Item