Sinergitas lembaga keuangan syariah dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat Surabaya: studi kasus relasi ekonomi BNI Syariah, lembaga zakat dan badan wakaf di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Putri (2017) Sinergitas lembaga keuangan syariah dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat Surabaya: studi kasus relasi ekonomi BNI Syariah, lembaga zakat dan badan wakaf di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Sinergitas Lembaga Keuangan Syariah dalam Menumbuhkan Ekonomi Masyarakat Surabaya: Studi Kasus Relasi Ekonomi BNI Syariah, Lembaga Zakat dan Badan Wakaf di Surabaya” bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan, yaitu: bagaimana membangun hubungan sinergitas antara BNI Syariah, lembaga zakat dan badan wakaf di Surabaya, dan bagaimana hubungan sinergitas antara BNI Syariah, lembaga zakat dan badan wakaf di Surabaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat surabaya. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus relasi ekonomi, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan pola induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, hubungan sinergitas antara BNI Syariah dan RZ terkait sektor zakat dan wakaf tertuang melalui perjanjian tertulis dalam bentuk nota kesepahaman atau MoU dan dituangkan dalam bentuk produk dan layanan. Hubungan sinergitas antara BNI Syariah dengan RZ merupakan suatu kerjasama bersifat keagenan, yaitu BNI Syariah sebagai agen untuk melakukan penghimpunan zakat dan wakaf, dan RZ sebagai pihak prinsipal sebagai pihak pengelola dan penyalur dana zakat dan wakaf, kedua, hubungan keagenan tersebut memberikan dampak optimis bagi masyarakat golongan menengah ke bawah atau mustahik atau penerima manfaat wakaf. Berbagai upaya dikhtiarkan sehingga membuahkan hasil positif dan optimis yaitu menghasilkan wirausaha mandiri dan berevolusi menjadi muzakki. Selain itu, BNI Syariah memberikan peran penting mengenai penghimpuan zakat dan wakaf, karena semakin banyak zakat dan wakaf terhimpun, maka semakin banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dana tersebut diikuti dengan peningkatan kualitas hidup. Hubungan antar lembaga tersebut memiliki dampak yang tinggi bagi peningkatan ekonomi masyarakat, akan tetapi jika hubungan tersebut dilanjutkan hingga pemberian pembiayaan oleh BNI Syariah kepada muzakki hasil pemberdayaan atas penilaian dari RZ maka hal tersebut dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi secara ganda. Sejalan dengan kesimpulan di atas, saran yang dapat menjadi masukan bagi BNI Syariah dan RZ yaitu hubungan kerjasama berlanjut pada tahap pemberian modal oleh BNI Syariah kepada mustahik yang telah berevolusi menjadi muzakki melalui penilaian dari RZ atas kelayakan usaha muzakki tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Putriputrimaulid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Lembaga keuangan syariah; Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Maulidiyah Putri
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:28
Last Modified: 09 Aug 2017 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18920

Actions (login required)

View Item View Item