Bimbingan konseling Islam dengan terapi sholat jama'ah arba'in untuk meningkatkan kedisiplinan seorang santriwati di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaalimin Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Nur Aida Ambiyatul (2017) Bimbingan konseling Islam dengan terapi sholat jama'ah arba'in untuk meningkatkan kedisiplinan seorang santriwati di Pondok Pesantren Raudlatul Mutaalimin Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aida Ambiyatul Ulfah_B73213096.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses Bimbingan Konseling Islam dengan terapi sholat jama’ah arba’in untuk meningkatkan kedisiplinan seorang santriwati di pondok pesantren Raudlatul Muta’alimin kabupaten Lamongan?, (2) Bagaimana hasil Bimbingan Konseling Islam dengan terapi sholat jama’ah arba’in untuk meningkatkan Kedisiplinan Seorang Santriwati di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin kabupaten Lamongan? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif, dalam menganalisa kendala kedisiplinan seorang santriwati di pondok pesantren data yang digunakan berupa hasil observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisa data. ketidak disiplinan santriwati merupakan adanya rasa malas dalam dirinya, tidak bisa membagi waktu, adanya rasa bosan sehingga santriwati keluar pondok tidak izin, tidak bisa mengatur keuangan dan semua itu merupakan sikap konseli yang tidak bisa menjalankan tanggung jawabnya sebagai santri sehingga melanggar norma-norma atau peraturan yang sudah berlaku di pondok pesantren.Dalam penelitian ini, proses konseling yang terjadi menggunakan terapi shalat jama’ah arba’in, dengan pendekatan ini konseli diharapkan menjadi istiqomah dalam mengatur waktu dan bisa memaknai gerakan-gerakan dalam shalat sehingga konseli dapat memaknai hidup dengan penuh rasa syukur, hasil akhir dari proses Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi shalat jama’ah arba’in untuk meningkatkan kedisiplinan seorang santriwati di pondok pesantren Raudlatul Muta’alimin dalam penelitian ini cukup berhasil, yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku konsleli yang lebih baik mulai memnjadi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Nur Aida Ambiyatulambiyah.95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Shalat Jama’ah Arba’in; Kedisiplinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ulfah Nur Aida Ambiyatul
Date Deposited: 09 Aug 2017 06:47
Last Modified: 04 Mar 2019 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18937

Actions (login required)

View Item View Item