تطبيق التقييم الواقعي في المنهج الدراسي 2013 لتعليم اللغة العربية في الصف الحادي عشر بالمدرسة العالية الإسلامية الحكومية 2 بوجونكارا السنة الدراسية 2016/2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudi, Muhammad Imam (2017) تطبيق التقييم الواقعي في المنهج الدراسي 2013 لتعليم اللغة العربية في الصف الحادي عشر بالمدرسة العالية الإسلامية الحكومية 2 بوجونكارا السنة الدراسية 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (754kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (820kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (816kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas XI MAN 2 Bojonegoro Tahun Ajaran 2016/2017. Latar belakang munculnya pembahasan ini adalah perubahan kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 dengan berbagai perubahan standar di dalamnya, salah satunya yaitu standar penilaian yang berubah menjadi Penilaian Autentik. Penilaian ini dilaksanakan secara menyeluruh berdasarkan proses dan hasil untuk menilai kemampuan siswa dari segi Kognitif, afektif, dan Psikomotor dengan seimbang. Tidak seperti penilaian dalam kurikulum sebelumnya yang masih cenderung fokus untuk menilai kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1. Bagaimana perencanaan Penilaian Autentik kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XI MAN 2 Bojonegoro Tahun Ajaran 2016/2017 ? 2. Bagaimana penerapan Penilaian Autentik kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XI MAN 2 Bojonegoro Tahun Ajaran 2016/2017 ? 3. Apa masalah dalam penerapan Penilaian Autentik kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XI MAN 2 Bojonegoro dan solusinya Tahun Ajaran 2016/2017 ?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil latar tempat di MAN 2 Bojonegoro. Subyek penelitiannya adalah guru bahasa Arab di MAN 2 Bojonegoro, dan Objek penelitiannya adalah Penilaian Autentik dalam pembelajaran bahasa arab di kelas XI MAN 2 Bojonegoro. Pengumpulan data menggunakan tekhnik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan pola induktif yaitu menyimpulkan dari yang khusus menjadi umum. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan cara Triangulasi data. Hasil penelitian : 1. Perencanaan Penilaian Autentik kurikulum 2013 dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XI MAN 2 Bojonegoro Tahun Ajaran 2016/2017 telah dilaksanakan dengan baik, dalam perencanaannya guru berpedoman pada panduan yang ada dalam kurikulum 2013, meskipun dalam desain perencanaannya masih banyak hal yang kurang sesuai dengan panduan kurikulum 2013. 2. Penerapan Penilaian Autentik kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI MAN 2 Bojonegoro Tahun Ajaran 2016/2017 juga telah dilaksanakan dengan baik oleh guru, dalam penerapannya guru di MAN 2 Bojonegoro telah memakai beberapa bentuk Penilaian Autentik khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab, seperti contoh: dalam Penilaian Kognitif, guru memakai tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Dalam Penilaian Afektif, guru menggunakan observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, dan jurnal. Sedangkan dalam Penilaian Psikomotor guru menggunakan penilaian unjuk kerja, proyek, dan portofolio. Akan tetapi dalam penerapannya dalam pembelajaran ada beberapa bentuk penilaian yang kurang sesuai dengan perencanaan yang ada dalam RPP. 3. Masalah dalam penerapan Penilaian Autentik kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI MAN 2 Bojonegoro Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu guru merasa susah dalam penyusunan instrumen Penilaian Autentik yang banyak, para guru tidak memiliki buku pedoman tentang Penilaian Autentik kecuali pedoman dalam bentuk file, guru merasa kesulitan dalam menerapkan bentuk-bentuk Penilaian Autentik dengan menggunakan instrumen penilaian secara bersamaan, banyaknya jumlah murid membuat guru tidak bisa menilai siswa dengan detail, dan guru membutuhkan waktu lama untuk menilai siswa secara keseluruhan. Adapun solusi dari masalh-masalah tersebut ialah guru lebih berusaha memahami pedoman tentang Penilaian Autentik agar bisa menyusun instrumen penilaian dengan benar, meminta buku pandan tentang Penilaian Autentik kepada kepala sekolah atau waka kurikulum, guru menerapkan bentuk Penilaian Autentik dasar dalam pembelajaran, kepala sekolah harusnya menambah jumlah guru bahasa Arab di MAN 2 Bojonegoro, dan yang terakhir guru harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin agar keberhasilan belajar bisa tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudi, Muhammad Imammahmudii262@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Keywords: Kurikulum 2013; Penilaian otentik; Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mahmudi M. Imam
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:11
Last Modified: 11 Aug 2017 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18964

Actions (login required)

View Item View Item