Pengaruh variabel makro ekonomi terhadap return saham perusahaan yang tercatat di Jakarta Islamic index periode 2011-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aditya, Alfin Yudha (2017) Pengaruh variabel makro ekonomi terhadap return saham perusahaan yang tercatat di Jakarta Islamic index periode 2011-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap Return Saham Perusahaan Yang Tercatat Di Jakarta Islamic Index Periode 2011 – 2015” ini merupakan hasil penelitian empiris yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah variabel makro ekonomi (PDB, inflasi, jumlah uang beredar, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, tingkat suku bunga (SBI), harga minyak, dan Indeks Dow Jones) secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap return saham perusahaan yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011 hingga tahun 2015. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data bulanan dari Januari 2011 sampai dengan Desember 2015 dari laporan bulanan Indikator Ekonomi Makro Bank Indonesia, Laporan Statistik Bursa Efek Indonesia, dan publikasi pertumbuhan ekonomi Badan Pusat Statistik Indonesia. Metode yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan SPSS 20. Hasil uji hipotesis secara parsial terhadap JII (Y2) menunjukan nilai signifikansi PDB (X1) sebesar 0,287, inflasi (X2) sebesar 0,008, jumlah uang beredar (X3) sebesar 0,237, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (X4) sebesar 0,084, tingkat suku bunga (X5) sebesar 0,321, harga minyak dunia (X6) sebesar 0,577, dan Indeks Dow Jones (X7) sebesar 0,506. Dari keenam nilai signifikansi tersebut menunjukkan bahwa PBD, JUB, Nilai tukar, suku bunga, Indeks Dow Jones dan harga minyak dunia tidak berpengaruh terhadap JII karena memiliki p value > 0,05. Sedangkan nilai signifikansi dari Inflasi menunjukkan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap JII dengan ditunjukan P value < 0,05. Sedangkan hasil pengujian uji f menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,047 < 0,05, sedangkan nilai F sebesar 2,218 > 2artinya variabel independen (PDB, inflasi, jumlah uang beredar, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, tingkat suku bunga, harga minyak, dan Indeks Dow Jones) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (JII). Sehingga dari hasil pengujian di atas dapat disimpulkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa PDB, Inflasi, JUB, suku bunga, nilai tukar, harga minyak dunia dan DJIA secara bersama sama berpengaruh terhadap perubahan tingkat pengembalian return saham JII. Secara parsial Inflasi berpengaruh signifikan terhadap perubahan tingkat pengembalian saham, sedangkan PDB, JUB, suku Bunga, nilai tukar, harga minyak dan DJIA tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan tingkat pengembalian return saham JII.
Oleh sebab itu, hendaknya investor yang berinvestasi di JII dapat mengambil keputusan yang tepat ketika terjadi perubahan inflasi. Sebab variabel makroekonomi tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap JII, sehingga hasil penilitian ini dapat digunakan investor sebagai indikator untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya kerugian yang mungkin terjadi ketika berinvestasi di pasar modal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aditya, Alfin Yudhaaya.ditya76@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: variabel makro ekonomi; return saham
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aditya Alfin Yudha
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:03
Last Modified: 10 Aug 2017 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18970

Actions (login required)

View Item View Item