Tinjauan hukum Islam terhadap murabahah pada pembiayaan kendaraan bermotor di Adira Finance syariah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Supriyadi, Dyta Amelya (2017) Tinjauan hukum Islam terhadap murabahah pada pembiayaan kendaraan bermotor di Adira Finance syariah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyta Amelya Supriyadi_C72212113.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan (field research) yang bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana implementasi akad murabahah di Adira Finance Syariah Surabaya. Dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap implementasi akad murabahah di Adira Finance Syariah Surabaya.Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Analisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu bertujuan mendiskripsikan masalah yang ada pada akad murbahah pada pembiayaan kendaraan bermotor di Adira Finance Syariah Surabaya, serta menggunakan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam praktek murabahah yang dilakuan, konsumen tidak meminjam dana kepada Adira Finance Syariah, melainkan melakukan transaksi jual-beli dengan pembayaran yang tangguh. Ijab qabul dilakukan dengan adanya surat perjanjian akad murabahah yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Dalam surat tersebut terdapat jumlah pembiayaan yang disetujui, jaminan yang dijaminkan, margin yang disepakati serta jatuh tempo yang disepakati antara konsumen dengan Adira Finance Syariah. Di dalam akad yang ditanda tangani tersebut, tidak terdapat penjelasan berapa harga perolehan, margin, dan biaya administrasi lainnya yang dibutuhkan. Ditinjau dari Fatwa DSN-MUI NO:04/DSN-MUI/IV/2000 tentang mura>bah}ah yang terjadi di Adira Finance Syariah tidak sesuai karena pihak Adira Finance Syariah tidak menjelaskan secara rinci harga perolehan, margin serta biaya administrasi lainnya. Tingkat margin yang diinginkan oleh Adira Finance Syariah berbeda-beda tergantung lamanya jangka waktu angsuran. Semakin lama jangka waktu, maka semakin besar tingkat keuntungan yang didapatkan oleh Adira Finance Syariah. Konsumen menanda tangani akad karena posisinya membutuhkan. Jika dilihat dari asas kebebasan berkontrak, konsumen tidak diberi kesempatan untuk merubah atau menawar isi perjanjian. Namun dengan asas kerelaan, perjanjian ini menjadi sah bagi kedua belah pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Supriyadi, Dyta Amelyaadorizahard08@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Murabahah
Keywords: Murabahah; Pembiayaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Supriyadi Dyta Amelya
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:27
Last Modified: 05 Mar 2019 05:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19069

Actions (login required)

View Item View Item