Analisis hukum Islam terhadap diskon pembelian barang dalam transaksi murabahah di BMT Mandiri Sejahtera Jl. Raya Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafarudin, Mohammad Riski (2017) Analisis hukum Islam terhadap diskon pembelian barang dalam transaksi murabahah di BMT Mandiri Sejahtera Jl. Raya Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan (Field Reseacrh) dengan judul “Analisis hukum Islam terhadap diskon pembelian barang dalam transaksi murabahah di BMT Mandiri Sejahtera Jl. Raya Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik”. Data penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan yaitu:1.Bagaimana penerapan diskon murabahah pada BMT Mandiri Sejahtera Jl. Raya Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik, 2. Bagaimana analisis hukum Islam terhadap penerapan diskon murabahah pada BMT Mandiri Sejahtera Jl. Raya Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Untuk mendapatkan data yang valid maka penulis menggunakan beberapa tehnik, diantaranya: observasi, wawancara, dokumentasi. Setelah data terkumpul maka data diolah menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pola pikir induktif, yaitu metode yang digunakan untuk fakta dari hasil penelitian kemudian diteliti sehingga ditemukan pemahaman tentang penerapan diskon pembelian barang dalam transaksi murabahah pada BMT Mandiri Sejahtera Jl. Raya Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik, kemudian dianalisis secara umum menurut hukum Islam.Berdasarkan temuan di lapangan, BMT Mandiri Sejahtera Jl. Raya Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik memberlakukan diskon yang diperoleh dalam pembelian barang murabahah menjadi milik BMT, karena pada dasarnya barang yang dibeli oleh nasabah itu masih milik BMT selama pembayaran belum lunas. Maka diskon tersebut tidak menjadi hak dari nasabah. Pada waktu akad murabahah tidak ada negosiasi atau proses tawar menawar harga barang yang akan diajukan dalam pembiayaan muraabahah.Hasil dari penelitian yang dilakukan, bahwa penerapan diskon pembelian barang dalam transaksi murabahah di BMT Mandiri Sejahtera Jl. Raya Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik tidak diberikan kepada nasabah, melainkan menjadi milik BMT. Penerapan diskon dari pembelian barang dalam murabahah menjadi milik BMT itu boleh, karena pada dasarnya barang yang dibeli pada pembiayaan murabahah adalah milik BMT tersebut sebelum nasabah bisa membayarnya. Maka hak diskon juga menjadi hak dari BMT.Dari hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan bahwa pihak BMT Mandiri Sejahtera seharusnya dalam akad murabahah ada proses tawar menawar harga pembelian barang, agar pihak-pihak yang bersangkutan tidak dirugikan. Pihak BMT sebaiknya memuat tentang pemberian diskon murabahah diakad, untuk lebih baiknya lagi semua ketentuan-ketentuan mengenai diskon dijelaskan pada saat akad. Dan juga harus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pembiayaan murabahah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafarudin, Mohammad Riskimochrezky@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli; Murabahah; Diskon
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: SYAFARUDIN MOHAMMAD RISKI
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:23
Last Modified: 10 Aug 2017 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19126

Actions (login required)

View Item View Item