Metode Tahfiz Al-qur'an dan pembentukan generasi Rabani : studi kasus di SD Islam Terpadu Ar-Rayyan Surabaya dan SD Islam Sari Bumi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputro, Oscar Wardhana Windro (2017) Metode Tahfiz Al-qur'an dan pembentukan generasi Rabani : studi kasus di SD Islam Terpadu Ar-Rayyan Surabaya dan SD Islam Sari Bumi Sidoarjo. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (950kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (815kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam adalah pendidikan yang seluruh komponen atau aspeknya didasarkan pada ajaran Islam yang sumber paling utamanya adalah al-Qur’an al-Karim. Al-Qur’an adalah pondasi dalam membentuk generasi rabani yaitu generasi yang mapan dalam segi ibadah, akhlak/etika dan memiliki jiwa kepemimpinan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan mengenai : (1) proses penerapan metode tahfizal-Qur’an yang dilakukan; (2) Upaya mewujudkan generasi rabani melalui metode tahfizal-Qur’an yang diterapkan; (3) faktor pendukung dan penghambat metode tahfizal-Qur’an dalam mewujudkan generasi rabani.
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif interaktif dengan metode studi kasus. Data primer dalam penelitian ini berupa hasil wawancara dan observasi terhadap pembelajaran tahfizal-Qur’an, adapun data sekunder berasal dari buku, jurnal, dan dokumen-dokumen terkait. Teknik pemeriksaan data yang digunakan yaitu teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber.
Dari penelitian ini didapatkan temuan yaitu : (1) Metode tahfizal-Qur’an yang diterapkan di SDIT Ar-Rayyan merupakan gabungan dari dua metode yaitu metode talaqqy atau talqin dan metode tasmi’ dan muraja’ah. Adapun metode tahfizal-Qur’an yang dilaksanakan di SDI Sari Bumi Sidoarjo adalah metode al-Muyassar yang merupakan gabungan dari metode talaqqy atau talqin, metode tasmi’ dan muraja’ah, dan metode kitabah. (2) Usaha yang dilakukan dalam rangka membentuk generasi rabani melalui metode tahfizal-Qur’an yaitu di antaranya dengan penanaman nilai-nilai al-Qur’an dalam ibadah maupun akhlak dalam halaqah, dan penetapan kualifikasi guru tahfizal-Qur’an. (3) Di antara faktor yang mendukung tahfizal-Qur’an yaitu jumlah guru yang cukup, alokasi waktu yang banyak, metode yang tersusun dengan sistematis, dan partisipasi orang tua. Adapun faktor yang menghambat di antaranya : keluar masuknya guru, adanya siswa yang belum bisa membaca al-Qur’an dan adanya siswa yang tidak mengulang hafalan di rumah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputro, Oscar Wardhana Windroaskarwardhana@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Metode; Tahfiz al-Qur’an; Generasi Rabani
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: saputro oscar wardhana windro
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:58
Last Modified: 11 Aug 2017 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19156

Actions (login required)

View Item View Item