Analisis maslahah mursalah terhadap implementasi UU nomor 11 tahun 2016 tentang tax amnesty di KPP Pratama Surabaya Wonocolo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istianah, Wilayatul (2017) Analisis maslahah mursalah terhadap implementasi UU nomor 11 tahun 2016 tentang tax amnesty di KPP Pratama Surabaya Wonocolo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (687kB)
[img] Text
Daftar Isi .pdf

Download (694kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (961kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (820kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (793kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (690kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (641kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Maslahah Mursalah terhadap Implementasi UU nomor 11 tahun 2016 tentang Tax Amnesty di KPP Pratama Surabaya Wonocolo” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apa dan bagaimana praktek implementasi UU nomor 11 tahun 2016 tentang Tax Amnesty, secara khusus di KPP Pratama Surabaya Wonocolo dan Indonesia pada umumnya, serta bagaimana kebijakan Tax Manesty jika dilihat dari sudut pandang hukum Islam menggunakan teori Mas}lah}ah Mursalah. Data penelitian ini dihimpun menggunakan metode wawancara dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran mengenai objek penelitian seara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara Undang-Undang dengan pelaksanaan perogram. Selanjutnya, data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan teori hukum Islam, yaitu Mas}lah}ah Mursalah.Hasil penelitian menjelaskan, hukum implementasi UU nomor 11 tahun 2016 tentang Tax Amnesty dalam upaya pemerintah menstabilkan perekonomian negara dalam Islam adalah dibolehkan (mubah). Tax Amnesty termasuk dalam kemaslahatan yang sifatnya hajiyyat. Tax Amnesty merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam menstabilkan keuangan negara yang akan disalurkan untuk kepentingan masyarakat. Kemaslahatan Tax Amnesty ini tidak hanya bermanfaat untuk segelintir orang, tetapi untuk negara dan masyarakat. Berpartisipasi dalam Tax Amnesty juga membantu pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan dan restrukturisasi ekonomi melalui pengalihan harta yang antara lain akan berdampak terhadap peningkatan likuiditas domestik, perbaikan nilai tukar rupiah, penurunan suku bunga, dan peningkatan investasi. Hal ini merupakan bagian dari reformasi perpajakan menuju sistem perpajakan yang lebih berkeadilan serta perluasan basis data perpajakan yang valid, komprehensif, terintegrasi, dan meningkatkan penerimaan pajak yang antara lain akan digunakan untuk pembiayaan pembangunan. Penulis mengharapkan agar pemerintah yang berwenang dalam kebijakan Tax Amnesty ini benar-benar menjalankan tugas sesuai amanat UU nomor 11 tahun 2016 dengan penuh rasa tanggung jawab. Bagi masyarakat, penulis mengharapkan agar seluruh masyarakat lebih aktif berpartisipasi dan mengawal jalannya kebijakan ini, dengan tujuan agar bisa mengurangi penyelewengan. Sehingga, dengan kerja sama seluruh elemen – mulai dari perintah hingga masyarakat bawah – Tax Amnesty ini diharapkan bisa membawa banyak maslahah bagi semua pihak dan menunjang pembangunan nasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istianah, Wilayatulwilayatul.istianah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Pajak; tax amnesty; maslahah; mursalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Istianah Wilayatul
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:58
Last Modified: 10 Aug 2017 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19161

Actions (login required)

View Item View Item