Stratifikasi dan ekspresi religusitas masyarakat desa Tambak Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajar, Rohmad (2017) Stratifikasi dan ekspresi religusitas masyarakat desa Tambak Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (953kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (376kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (448kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (521kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (821kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB)

Abstract

PPermasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1.Bagaimana pembentukan stratifikasi sosial masyarakat desa Tambak Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo 2.Bagaimana masyarakat desa Tambak mengekspresikan religiusitasnya berdasarkan tingkat stratifikasi sosialnya?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1.Ingin mengetahui bagaimana bentuk stratifikasi sosial masyarakat desa Tambak Kecamatan Krian Kabupate Sidoarjo 2.Ingin mengetahui bagaimana masyrakat desa Tambak mengekspresikan religiusitasnya berdasarkan tingkat stratifikasi sosialnya. Untuk menjawab permasalahan diatas menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data, observasi dan wawancara. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada MasyarakatDesaTambak adalah teori stratifikasi sosial atau kelas Marx Weber. Maka dari itu, penelitian tersebut dapat diperolah beberapa kesimpulan bahwa; (1)stratifikasi sosial adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hierarki menurut dimensi kekuasaan, previllage prestise.Bahwa memang benar pada masyarakat Desa Tambak terdapat stratifikasisosial, di manadapat dibuktikan dengan bentuk bangunan yang besar hal ini . berbeda dengan yang sederhanaperbedaanantaramasyrakat yang stata atas dan bawah.Ketika sedang ada acara masyarakat yang mempunyai kedudukan ekonomi atau kelas atas lebih tinggi akanlebih dispesial kandari masyarakat yang masyarakat strata bawahatau kedudukanya biasa-biasa.(2)EkspresireligiusmasyarakatdesaTambakjugaberbeda-beda dimana kelas bawah, masyarakat secara umumnya lebih mengantungkan hidupnya kepada tuhan, ketika mereka mendapatkan panen yang melimpah mereka mesyukurinya dengan cara sedekah bumi atau yang hal paling terkecil adalah dengan cara memberikan jajanandan penghayatanya dilakukan dengan doa, haliniagak berbedadengan masyarakat strata menengah yaitu mereka melakukan ekspresi religiusitasnya dengan cara melakukan yasinan atau tahlillan hal ini juga di banyak di lakukan oleh strata lain, mereka melakukan penghayatan dengan caramelakukan dengan puasa senin kamis. Masyarakat yang ekonominya tinggi mereka akan bersodaqoh,jariah dan beramal pada masyarakat yang kurangmampu. Begitu juga ulama’ meraka menghayatinya dengan membaca tasbih dan tahmid setiap waktunya menjadi penceramah di masjid-masjid, ketika penghayatan tentang ekspresi kepada tuhan setiap strata melakukan shalat lima waktu, ketika bertemu dengan orang lain mereka bersosialisasi dengan cara yang sopan dan santun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajar, Rohmadrohmadfajar111@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Stratifikasi; Ekspresi; Religiusitas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Fajar Rohmad
Date Deposited: 10 Aug 2017 08:51
Last Modified: 10 Aug 2017 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19167

Actions (login required)

View Item View Item