Terapi behavior dengan tehnik reward dan punishment dalam meningkatkan disiplin diri pada anak usia prasekolah kelas TK A RA Darul Hafidhin Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnama, Rizki (2017) Terapi behavior dengan tehnik reward dan punishment dalam meningkatkan disiplin diri pada anak usia prasekolah kelas TK A RA Darul Hafidhin Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imro'atul Mufarohah_D97213112.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah, 1) Bagaimana proses terapi behavior dengan tehnik reward dan punishment dalam meningkatkan disiplin diri pada anak usia prasekolah kelas TK A RA Darul Hafidhin Wonocolo Surabaya? 2) Bagaimana hasil proses terapi behavior dengan pendekatan reward dan punishment dalam meningkatkan disiplin diri pada anak usia prasekolah kelas TK A RA Darul Hafidhin Wonocolo Surabaya? Metode penelitian ini adalah, peneliti menggunakan metode peneltian kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan observasi. Sehingga hasil data dianalisis dengan menggunakan observasi secara langsung. Data yang diperoleh melalui observasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diterapkan terapi behavior dengan tehnik reward dan punishment, kondisi disiplin diri anak usia prasekolah kelas TK A RA Darul Hafidhin Wonocolo Surabaya berada dalam keadaan yang rendah karena faktor tidak adanya dorongan dan dukungan dari orangtua dan belum adanya pembiasaan dalam diri siswa sendiri. Dampaknya para siswa memiliki kurangnya disiplin diri dalam hal mematuhi tata tertib sekolah, kurangnya disiplin diri dalam hal waktu, suka membuat keramaian di dalam kelas ketika pelajaran berlangsung, suka berbicara dan bermain sendiri atau dengan temannya saat pelajaran dan tidak mendengarkan arahan atau perintah dari wali kelas untuk duduk diam dan kembali ke bangku. Hasil penelitian menyatakan bahwa setelah diterapkannya terapi behavior dengan tehnik reward dan punishment, para siswa yang memiliki disiplin diri yang rendah mulai berubah sedikit demi sedikit. Para siswa sudah banyak yang tidak datang terlambat lagi, sudah tidak asyik bermain sendiri atau dengan temannya, mulai mendengarkan dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, sudah tidak banyak yang membuat keramaian saat pembelajaran berlangsung meskipun harus sering diberikan hukuman berupa teguran, ancaman maupun peringatan untuk mengingatkan mereka dan membuat mereka diam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnama, Rizkirizkyshirma0512@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi behavior; tehnik reward dan punishment; disiplin diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Purnama Rizki
Date Deposited: 10 Aug 2017 04:49
Last Modified: 01 Mar 2019 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19173

Actions (login required)

View Item View Item